Wednesday, June 20, 2007

agar puasa selamat

Metoda agar puasa kita benar-benar
Selamat

Oleh Nano Warno

“Ya Allah selamatkan kami di dalamnya (Bulan ramadhan).”(sabda rasulullah Saw) nabi

“Ya Allah dengan kehormatan bulan ini (Ramadhan)..bantulah kami dalam menjalankan puasa di siang hari dan salat di malam harinya serta supaya bisa merendahkan diri dan khusyu kepada-Mu, sehingga siang tidak bisa menyaksikan kelalain kami dan malam tidak melihat kesembronoan kami.. (Kitab misbah mutahajid, doa Ramadhan)

Puasa adalah momen yang paling sempurna untuk kembali kepada Allah. Saat yang paling dekat untuk menjadi manusia terhormat dan bermartabat karena itu manfaatkanlah waktu-waktu di bulan ramadan dengan sebenar-benarnya karena efeknya akan bisa mengubah hidup anda secara total, cobalah perhatikan metoda puasa ini yang dikutip dari berbagai sumber.

Þ Usahakan jauh hari sebelum bulan puasa, sebulan atau seminggu untuk meminta kepada Allah agar anda bisa melaksanakan puasa ini dengan benar. Berdoalah setiap selesai shalat wajib dengan penuh kekhusuan dan keyakinan bahwa allah pasti akan mengabulkan karena berdoa tanpa keyakian dan kekhusyan kita berarti bermain-main dengan doa tersebut. Pilihlah doa-doa dari beberap kitab atau tanyakan kepada para ustadz agar bisa memberikan pilihan doa –doa yang tepat, kalau anda tidak menemukan berbicaralah dengan bahasa anda sendiri karena jelas Allah Swt maha mendengar doa kita.

Þ Pelajarai hukum-hukum fikih berpuasa karena puasa adalah aturan dari Allah maka sebaiknya kita memahami aturan main di bulan dengan benar. Bacalah buku bertanyalah kepada para ahli dan pelajari dengan penuh seksama sehingga anda tidak merasa ada keraguan di dalamnya. Ritual ini adalah sebuah aturan syariat yang harus dikerjakan dengan ilmu dan bukan asal-asalan. Mereka yang hanya memahami aturan puasa secara garis besar bisa mempelajari lagi lebih dalam dan mereka yang sama sekali jelas tidak tahu jelas wajib untuk mengetahuinya secara mendalam . usaha anda untuk mempelajari aturan-aturan Allah pastti akan dihargai oleh-Nya.

Þ Biasakan dan kondisikan spiritualitas anda dengan momen suci ini. Jadi kalau kita masih terbiasa melakukan atau mengumpulkan dosa-dosa kecil seperti berbohong, mendendam, hasud, gibah, menyakiti orang lain, meniup-niup isyu yang akan memecah belah, mata kerajang melirik apa yang diharamkan syariat makan sedikit demiki sedikit dengan segala ketekukan dan keuletan kurangi kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut. Jagalah lidah anda, tutup kuping anda dari omongan-omongan sia-sia, gunakan waktu anda sebaik-baiknya bukan untuk hal-hal yang syubhat atau malah haram, hindari tempat-tempat yang membuat hati kita lupa dengan Allah, jauhi perbuatan-pebuatah yang bisa melenakan dan melupakan akhirat. Jauhi pergunjingan, minimalkan kegiatan-kegiatan yang ujung-ujungnya membuat anda melakukan maksiat kepada ALLah.

Þ Karena anggota tubuh yang banyak berperan di bulan ini adalah perut maka latihlah perut anda dari sekarang sedikit demi sedikit supaya menjadi tabah dengan kelaparan sebulan. Kurangi makanan-makanan yang tidak baik dan tidak bergizi. Hati-hati dengan makanan yang meragukan apakah karena dzatnya yang haram atau karena untuk mendapatkan memakai cara-cara yang haram sekalipun tampaknya seperti baik. Kurangi menu-menu favorit anda karena biasanya kalau kita masih suka dengan variasi makanan pertanda kita masih menjadi budak perut. Sederhanakan menu yang penting terpenuh asupan gizinya.

Þ Seandainya kita bukan orang dermawan maka dari sekarang latihlah anda dengan menjadi orang dermawan sekalipun apa yang ada berikan tidak ada artinya. Peribahasa arab mengatkan berilah walapun sedikit karena tidak memberi sama sekali itu lebih buruk lagi. Latihan ini juga bisa mengembangkan potensi-potensi spiritual secara tidak kita sadari.

Þ Perhatikan dengan baik apa saja yang akan menggugurkan dan mengganggu nilai puasa kita, apakah anda mudah hanyut di siang hari atau malam hari apakah anda mudah tergoda karena perempuan, uang atau kegiatan-kegiatan yagn kurang ada manfaatnya maka kalau anda mudah terjebak di siang hari usahakan anda jangan terlalu banyak keluar di siang hari kecuali untuk keperluan penting seperti belajar dan bekerja, kalau anda mudah kalah di malam hari maka segeralah berlidung dari kegelapan malam dan bisikan-bisikan syetan yang akan meracuni hati.

Þ Bulan ini adalah bulan yang harus padat dengan kegiatan-kegaitan ibadah, latihlah badan anda sehingga menjadi halus karena badan kita adalah bagian yang penting dari ruh dan jiwa kita. KekKuatan badan akan memberi kekuatan kepada jiwa. Didiklah badan yang fisik ini sehingga menjadi mitra yang baik bagi jiwa. Latilah untuk berzikir dalam tempo yagn lama dari kebiasaan anda sehari-hari, perbanyaklah salat-salat sunah ketahuilah bahwa itu akan bermanfaat bagi anda kelak atau sekarang. Semakin badan dan fisik anda menderita semakin dekat anda dengan ujung dan puncak dari perjuangan ruhani. Biarkan hati dan bibir anda menjadibasah dengan asma-asma Allah semoga anda sekali-kali mengalami kenikmatan spiritual sehingga penderitaan itu menjadi terabaikan berganti dengan kenikmatan spiritual.

Þ Dan jangan lupa doakan orang tua, keluarga, sahabat dan teman-teman dekat anda dan teman-teman jauh anda dan juga yang paling penting doakan orang-orang yang anda benci atau musuh-musuh anda, perbautan seperti ini sangat dianjurkan anda bisa membaca dalam riwayat-riwayat tentang anjuran untuk mendoakan orang-orang yang kita benci. Sampaikan permintaan kepada ALLah supaya mereka yang anda benci dan musuh anda menjadi orang yang diberi rahmat oleh allah. Di ampuni dosanya dan dibimbing oleh-Nya. Anda akan bisa merasakan efeknya

Þ Dekati dan kunjungi para ulama, ruhaniawan dan orang-orang alim baik di sekitar anda maupun di tempat yang jauh. Akrabilah terutama mereka yang ikhlas dan membaktikan diri demi Allah dan masyarakat. Bergaul dengan mereka akan memberikan keberkatan kepada kita semua. Bergaul dengan mereka juga akan menambah ilmu dan hikmah.

No comments: