Thursday, June 21, 2007

one hundred methods becomes august man (2)

Bab 1

Ada beberapa hal yang harus anda lakukan di rumah sebelum anda melakukan lanagkah-langkah untuk berbaik kepada orang tua anda.

  1. Pasanglah poto anda atau keluarga anda bersama orang tua anda dalam sebuah frame atau figura yang baik dan letakan di ruangan tamu. Kalau anda sempat koleksiklah album anda bersama orang tua anda dan kalau anda tidak punya usahakan anda memiliki poto-poto mereka dan letakan di dalam album yang sangat menarik. Meskipun ini hal yang sangat sederhana tapi itu menunjukan perhatian yang sangat besar kepada mereka. Jadi jika mereka suatu saat mengunjungi rumah anda mereka akan merasa bahagia dan terhormat dan mereka menjadi tidak akan melupakan anda. Cinta orang tua memang sangat ikhlas kita tidak mungkin bisa membalas jasa mereka.
  2. Jika anda tinggal satu rumah dengan mereka maka anda harus memiliki mental berlapis-lapis serta kesabaran yang luar biasa untuk memperlakukan mereka dengan sangat terhormat. Memang seringkali kita mendengar keluhan betapa beratnya tinggal berdekatan dengan orang tua teristimewa bila istri atau suami kita tidak bisa memahami pola dan psikologis orang tua kita. Tetapi disini memang anda harus sangat bijak sehingga tidak menyinggung perasaan keduanya dan sebenarnya anda harus bersyukur karena dengan kedekatan itu anda punya waktu yang lebih dengan orang tua dan lebih dekat dengan mereka untuk melayani serta berbuat baik atau mempersembahkan kebaktian kita yang terbaik kepada mereka.
  3. Jangan sekali-kali meremehkan perhatian dalam bentuk pemberian hadiah kepada mereka. Hadiah itu adalah simbol kasih sayang dan perhatian kita. Sekalipun kita memiliki kasih sayang dan perhatian yagn sangat luar biasa kepada mereak tetapi selama tidak terlihat maka anda akan tampak kurang. Alokasikan dana kecil anda apakah itu setiap tahun sekali atau setiap setengah tahun sekali untuk membeli hadiah yang mereka sukai dan itu tidak berarti harus mahal tapi juga jangan asal-asalan.
  4. Hormati dan bersilaturahmi kepada orang-orang atau teman-teman orang tua kita. Karena kadang-kadang mereka lebih dekat dan terbuka dengan orang lain, mungkin karena faktor usia atau pergaulan. Dengan memperhatikan dan menghormati mereka secara tidak langsung anda juga menyayangi orang tua karena mereka tentunya akan menghormati orang tua anda secara otomatis.
  5. Doakanlah mereka! Saya meletakan topik ini di bagian akhir bukan karena kurang nya penting mendoakan mereka – justeru kewajiban yang paling utama dan terpenting adalah mendoakanmereka. Urutan disini bukan urutan prioritas. Disini saya ingin mengatakan bahwa mendoakan orang tua itu tidak hanya cukup dengan doa yang sering kita ucapkan dan itupun dalam wirid-wirid biasa, perlu memberikan waktu yang sangat khusus. Ada doa yang khusus untuk mereka dan bahkan juga shalat untuk mereka. Persiapkanlah buku dan pelajari dalam kondisi-kondisi yang luang sehingga anda sempat melakukan shalat untuk mereka walaupun sekali dalam seumur hidup.

Bab 2

Haluskan hati

Hati yang keras membuat seseorang tidak bisa menangis akan dosa-dosanya. Hati yang keras membuat seseorang tidak bisa pasrah dengan ikhlas kepada Allah swt. Anda bisa melatih hati anda menjadi hati yang halus yaitu dengan melakukan segala sesuatu secara sabar.

  1. Sebelum anda melompat ke dzikir-dzikir dan bacaan-bacaan wirid yang menuntuk puncak ketulusan dan penghalusan kalbu. latihlah anda menghaluskan hati dengan mengerjakan pekerjaan yang berat, rumit dan menuntut kesabaran luar biasa dan anda harus mengerjakan dengan penuh ketelatenan dan kesabaran penuh.
  2. Cobalah haluskan perasaan anda dengan mendengarkan musik klasik, musik sufi dan biarkan hati anda mengalamami harmonisasi dengan alam.
  3. Sering-seringlah menyaksikan penderitaan orang-orang yang ada di bawah anda dan larutlah dengan usaha-usaha atau aktifitas untuk meringankan penderitaan mereka. s

Bab 3

Agar tidak memvonis tanpa memahami, agar tidak menyalahkan argumen orang lain dalam agama tanpa mau mempelajari argumen mereka

1.

Bab 4

Bunuh hasrat untuk menikmati dunia dan bunuh fantasi liar tentang kelezatan-kelezatan syahwat!

Selama anda berpikir bahwa memang ‘ada peluang’, ‘dibolehkan, dihalalkan dan dipersilahkan asal tidak merusak’, selama berpikir anda bisa cerdas menikmati karena anda telah melakukan prestasi, maka anda harus segera mengubah paradigma seperti itu secepatnya sebelum menjadi ideologi akut.

  1. Teruskan pompa semangat untuk menjadi zahid di dunia.
  2. Bacalah kisah-kisah kehidupan kaum sufi yang sangat menggugah hati.

Anda dilahirkan bukan untuk menderita di dunia tapi juga bukan diciptakan untuk diperdaya oleh pesonanya. Jadi bagaimana menyeimbangkan antara kehidupan yang wajar dan kehidupan dengan sabar menahan segala hasrat. Penyadaan diri yang kuat memang tidak bisa dilakukan dalam sehari dua hari. Memerlukan ketekunan untuk terus menanamkan kesadaran yang terus menerus di dalam hati. Tetapi ketekunan anda akan berubah semakin anda kembangkan keinginan untukmemilikikesadaran demikian maka sebenarnya anda telah melangkah ke arah jalan-jalan yanganda kehendaki. Saat yang paling berat adalah ketika nafsu meronta-ronta membuat anda kehilangan rasionalitas sementara di dalam sanubari masih bergetar akan kekhilafan yang sedang menyeret anda.

  1. Lakukan sesuatu agar anda percaya bahwa kesenangan jasmaniyah itu harus anda batasi. Anda bisa melakukan perjalanan ke suatu tempat bertemu dengan para kyai, anda bisa menemui para manula. Cobalah sesekali anda mendatangi rumah sakit, panti jompo, dan terus tanamkan di dalam hati tentang arti hidup yang sebenarnya. Semua akan mengatakan bahwa hati-hati dengan kesenangan-kesenangan duniawi.
  2. Latihlah anda untuk mengurangi kesenangan-kesenangan mulai dari hal-hal yang paling mudah. Misalnya kalau anda biasa memakan menu tertentu yang paling anda gemari, anda mencoba membelinya dalam porsi yang kecil. Mulailah menamamkan cita-cita yang terbesar anda adalah menjadi tuan bagi keinginan anda dan bukan menjadi budak bagi keinginan anda. Amati detik perdetik setiap reaksi dari keinginan, hasrat anda, jangan beri kesempatan ia menggelora menjadi besar.
  3. Semakin anda sukses mengendalikan keinginan maka anda semakin memperbesar peluang untuk menjadi batu karang yang kuat atas segala desakan keinginan.

Bab 5

Jika kebosanan menjerumuskan anda dalam lumpur dosa maka bagaimana kita selamat dari kebosanan?

Setiap orang pasti pernah mengalami rasa bosan dan itu suatu hal yang wajar,tinggal menghitung kekerapan rasa bosan bagaiman menggerayangi kehidupan anda. Jika setiap hari anda dilanda rasa bosan maka anda perlu berpikir untuk mengubah hidup anda karena itu sudah masuk ke kategori sebuah penyakit kejiwaan dan mungkin akan mengganggu aktifitas anda. Apalagi jika kebosanan-kebosanan anda menjadi anda melakukan eskapisme kepada hal-hal terlarang. Maka anda harus berusaha melakukan sesuatu agar anda tidak terperangkan dalam kejenuhaan. Ini langkah-langkah yang mungkin efektif dalam menggairahkan hidup anda bersama keluarga anda. Karena pada intinya yang menutupi potensi seseorang adalah keterpurukan dirinya sehingga kemudian menjadi bosan. Dan kala bosan ia akan mencari sesuatu yang dapat mengangkat pori-pori kebosannan dan kulitnya, mending kalau pelarian itu adalah hal-hal yang positif.

  1. Periksa dengan seksama mengapa, kapan dan apa yang menyebabkan anda bosan.
  2. Jika yang menimbulkan kebosanan di dalam diri anda adalah rutinitas sehari-sehari apakah itu pekerjaan, kesibukan di rumah, di kantor, di sekolah atau di tempat-tempat beraktifitas maka ubahlah ritme biologis kerja anda, misalhnya kalau anda mengerjakan sesuatu sambil duduk, maka ambilah posisi sambil berdiri atau sambil berjalan-jalan. Ubahlah asesori yang terletak di meja anda. Tempelkan gambar-gambar yang memotivasi anda.

Bab 6

Bagaimana anda memimpikan diri menjadi pelayan-pelayan umat

Lingkungan tempat tinggal kita boleh jadi tidak sesuai dengan harapan awal anda. Type orang-orang yang sering anda lihat wajahnya setiap jam sekali mungkin bukan mereka yang anda sukai. Cara mereka menyikapi anda atau respon tetangga itu malahan sama sekali tidak sesuai psikologis jiwa anda, sehingga anda selalu ragu, bingung dan kemudian perlahan perasaan tidak kerasaan merasuk tulang belulang anda. Lama kelamaan sikap mereka juga berubah perlahan atau drastis sehingga membuat anda sesak dan anda kehilangan minat untuk bergaul dengan tetangga.

Sejatinya anda bisa memilih peranan yang akan anda tampilkan dan itu sebetulnya tidak terlalu sulit kalau anda bisa menggeser posisi dimana anda berpijak. Jika anda merasa di bawah mereka artinya anda memposisikan diri bahwa anda harus dilayani, harus diperlakukan secara terhormat, mereka yang harus memulai menyapa, mereka yang harus meminta maaf jika terjadi percekcokan mulut, mereka yang harus mendatangi anda jika ada keperluan, maka itu artinya anda memilih suatu jenis orang yang sangat sulit untuk meneriman kenyataan bahwa tidak semua orang itu orang-orang yang baik. Meninggikan posisi di atas manusia lain dalam arti positif akan membuat anda mudah untuk melayani umat. Karena itu

  1. Sebagai orang yang mulia anda akan bersabar atas keluh kesah orang-orang yang kurang mulia,
  2. karena sebagai orang yang paling bijak anda akan mengerti mengapa orang yang kurang bijak akan selalu ingin diperlakukan secara terhormat.
  3. Anda akan mengalah karena anda orang yang mulia secara hakiki.

Saya ingin memberikan tips-tips yang praktis mudah agar kita mau menjadi pelayan bagi tetangga-tetangga anda tanpa harus anda menderita kerugian waktu, tenaga atau yang lainnya.

Bab 7

Sebelum Badai meruntuhkan pertahanan terakhir kita

Setan, hawa nafsu dan kotoran dan kerasnya hati suatu saat akan menyerang kita dengan sangat hebat sehingga hanya sebagian kecil saja yang masih bisa berdiri tangguh. Sebelum mengalami badai yang sangat berat ini,kita sebetulnya bisa mempersiapkan segala sesuatu sebelum tiba saat itu. Karena kalau kita bertemu dengan hari naas tersebut sementara tidak kita persiapkan segala sesuatunya dengan baik maka kita akan terseret dan menjadi korban dari badai tersebut. Kita akan menjadi budak nafsu, tentara setan dan antek-antek iblis yang setia melakukan dosa kapan saja dan di mana saja. Rajin memupuk jiwa hedonisme. Ini adalah strategi yang bisa anda terpakan sedini mungkin agar menjadi manusia baja dalam menahan tarikan-tarikan dosa.

1. Ikuti setiap aktifitas ritual syariat, dzikir dan pengajian-pengajian yang bisa memberikan pencerahan, komunitas orang-orang saleh, jalinlah persahabatan yang sangat akrab dengan mereka.

2. Baca kisah-kisah sufi dan orang-orang saleh dan kisah-kisah manusia-manusia yang terus tabah memperbaiki diri dan berhasil menjadi manusia yang saleh walaupun terus bergumul dengan kegagalan.[1]

3. Tentunya berdoa dengan ditingkatkan kuantitas dan kualitasnya. Ada beberapa langkah agar anda memaksimalkan doa anda :

1. Bacalah rukun dan syarat-syarat doa-doa tersebut dengan baik, karena ada do’a-do’a yang memiliki syarat tertentu, seperti doa yang lebih utama dilakukan setelah salat, dalam kondisi dan waktu tertentu.

2. Anda tidak bisa menjadi pendoa dengan baik, kalau anda bermalasan-malasan, atau atau tidak sabar terus-terusan duduk. Karena ada sebagian doa yang menuntut kesabaran dan waktu yang panjang.

3. Anda juga bukan pendoa yang baik kalau berdoa hanya ketika semangat anda sedang memuncak, anda harus berdoa tanpa putus berkala, disipilinlah berdoa dengan kualitas dan kuantitas yang terus disemprunakan minimal seminggu sekali dan terus anda dawamkan sampai akhir hidup anda.

Bab 8

Anda tidak mungkin melakukan perbuatan haram dalam bidang sex, pornograpi secara langsugn tanpa melewati lorong-lorong penjebaknya. Ada beberapa lorong-lorong yang menjebak seseorang mengapa melakukan perbuatan dosa

1. Visual, yaitu melihat

2. Auditori, mendengar

3. Fantasi,imajinasi melakukan imajinasi liar sehingga memompa berahi.

4. Ada peluang, ada waktu luang ada kesempatan yang terbuka dan bebas

5. Ada uang yang akan membiayai seluruh petualangan anda.

6. Ada kenyamanan secara teologis alias pembenaran agama atau rasional.

7. Ada sesuatu yang menantang dan sesuatu yang membuat anda penasaran.

Jadi sebetulnya kalau anda bisa menyelamatkan diri dari 7 lorong hitam itu anda akan lebih mudah melangkah ke jurang yang lebih jauh. Yang jelas melawan ke tujuah lorong ini lebih mudah ketimbang anda melawan tarikan nyata yang

Bab 9

Bagaimana memperlakuan ‘the other’ sebagai ‘thou’ bukan ‘it’.

Sumber masalah antara kita dengan orang lain adalah keenggan kita memasuki relung-relung orang lain, memahami secara mendalam, merasuk ke dalam pikiran, ide,cita-cita, hasrat dan terus anda menjadi dia. Sehingga anda memperlakuakn orang lain sebagaimana anda juga senang diperlakukan demikian dan anda juga berusaha menjauhkan hal-hal yang buruk darinya sebagaimana anda suka orang lain menjauhkan anda dari hal-hal yang buruk.

1. Dari sekarang anda berjanjilah kepada diri, kepada tuhan bahwa anda akan memperlakukan orang lain bukan karena kepentingan, bukan karena anda memerlukan secara materi tapi karena anda ingin memperlakukannya sebagaimana manusia yang mulia – bagaimana dia memperlakukan anda secara buruk atau secara jahat. Anda akan menjadi pelayan manusia yang jauh, yang dekat, yang miskin, yang kaya, yang jahat, yang baik, teman dekat, teman jauh,satu etnik atau bukan, satu bangsa atau bukan, anak kecil atau orang tua, teman baru atau teman lama, bos anda atau anak buah anda,

2. Anda akan memperlakukan mereka semakin hari semakin baik, anda akan terus menggali potensi-potensi orang-orang itu, akan akan terus mencari kebaikan-kebaikan saja, dan melupakan segala hal yang angggap anda buruk (karena anda juga berpikir bahwa itu mungkin pikiran anda saja yang salah mempersepsi, atau karena anda belum memahaminya secara total).

3. Anda akan mendoakan mereka, sebaik dan sesering mungkin anda akan meminta agar mereka dan terutama mereka yang menurut anda pernah menyakiti baik sedikit atau banyak, anda akan membalasnya dengan limpahan doa. Anda akan meminta kepada Allah agar mereka disehatkan jasmani dan rohaninya, mereka diberi panjangn usia dalam keberkatan dan kesejahteraan,dijauhkan dari mala petaka, anda juga meminta agar orang tua mereka,keluarga mereka dilindungi oleh Allah swt, anda juga meminta agar mereka juga menyayangi anda seandainya menureut anda ada something wrong di antara anda.

4. Sekarang anda juga menumbuhkan di dalam hati anda bahwa anda tidak akan membedakan-bedakan siapapun dari kategori apapun. Orang yang tidak membantu anda, orang yang tidak membela anda, orang yang memfitnah anda, orang yang memperlakukan anda secara buruk, orang yang selalu menyudutkan dan merugikan anda, orang yang tidak sefaham anda, orang tidak ada dalam barisan anda, orang yang berbeda pendapat dengan anda dan orang yang malah menurut akan merugikan segala hal, anda tetap dan kukuh untuk melayani mereka secara baik karena anda sekarang tidak memposisikan sebagai seperti dulu tapi anda sekarang telah bertransformasi sebagai manusia baru; pelayan umat terbaik di dunia.

5. Seraya anda akan merencanakan bahwa sikap anda akan terus semakin dipupuk, diperbaiki baik dalam cara, pemahaman, semakin meningkatkan pemahamam kejiwaan mereka, anda juga akan mengabadikan kebaikan anda sampai akhir usia anda dan itu anda akan ukir sebagai prestasi mengagumkan anda yang anda ikhlas persembahkan kepada Allah swt.

Bab 10

Mengapa anda tidak melirik baju takwa?

Karena akan terjadi perubahan ruhani secara signifikan dalam jiwa anda maka sekarang marilah kita merencakan untuk menjadi pakaian takwa sebagai seragam sehari-hari anda sampai mati. (saya tidak ingin menjelaskan manfaat-manfatnya secara luarbiasa).

1. Sedikit demi sedikit belilah baju takwa. Kalau anda belum begitu siap maka pilihlah baju takwa yang sangat berkualitas dan anda sukai.

2. Tidak mengapa anda berganti-ganti busana dari baju takwa ke baju biasa, karena kondisi-kondisi awal memang belum memungkin anda bertransformasi secara total.

3. Pakailah baju takwa itu bukan untuk menunjukan ketakwaan kepada orang lain tapi untuk menjaga diri sendiri.

4. Pakaikan baju takwa itu ketika anda dalam keadaan bebas dan bukan untuk acara-acara resmi yang mengharuskan anda memakain pakaian tertentu.

5. Setelah sekian periode belilah baju-baju takwa itu sebanyak mungkin sehingga mendominasi kamar ganti anda.

Bab 11

Terus berargumentasti; terus verifikasi keyakinan-keyakinan anda yang menurut anda harus dirubah

Tulisan Safir Sendur dalam buku Jangan mau jadi karyawan seumur hidup, tentang keharusan orang harus menghemat dan menyelamat diri dari hutang-hutang telah mengendurkan rekan saya yang tadinya ingin berfoya-foya. Ada kalanya keinginan-keingian kita yang miring itu bisa diselamatkan dengan argumentasi rasional. Ketika anda ingin melakukan sesuatu yang terlarang menurut agama mungkin anda memiliki argumentasi-argumentasi seperti di bawah ini :

1. Tidak mengapa sekali-sekali saya melanggar. Cobalah verifikasi misalnya dengan mengatakan dari anda membenarkan boleh melakukan sekali-kali, apakah anda tidak takut anda akan menjadi ketagihan? Apakah anda yakin ketika anda melakukan hal itu itu adalah saat-saat anda harus menghadapi kematian? Apakah anda yakin tidak ada alternatif lain yang bisa menyenangkan anda tapi anda tidak melakukan maksiat di dalamnya.

2. Orang lain juga melakukannya bahkan orang yang lebih saleh dari saya.

Bab 12

Menghindari Zina Mata

Ingatlah sifat buruk apapun yang dimiliki oleh seseorang pasti bisa disembuhkan.

1.

Bab 13

Jika kita memiliki rencana atau niat untuk melakukan dosa seperti

  1. Jika saya memiliki posisi yang tinggi maka saya akan memiliki kesempatan untuk mencuri uang yang lebih banyak.
  2. Jika saya menjadi orang terkenal maka nama saya akan mashur sehingga saya memperoleh kesempatan yang lebih luas untuk berfoya-foya.
  3. Jika saya memiliki pengikut yang banyak maka saya ..............

Bab 14

Sehat dan bugarkan tubuhmu maka engkau akan mengurangi maksiat

Men sana in corpore sano Dalam tubuh yang sehat terpadat jiwa yang kuat. Jangan remehkan kesehatan dan kebugaran anda. Karena raga yang sering sakit-sakitan akan menimbulkan perasaan malas untuk melaksakan kewajiban-kewajiban agama, menimbulkan perasaan cemas, pesimis dan penakut.

  1. Siapkan ruangan, sepatu dan pakaian olah raga yang khusus dan bisa dipakai di setiap musim hujan atau kemarau. Kalau ada ruangan kalau tidak ada maka siapkan anda untuk berolah raga di luar.
  2. Tanamkan keyakinan dan optimisme bahwa anda akan menjadi orang sehat dan bugar, Saya pernah membaca kisah nyata tentang seseorang yang memulai olah raga ketika usia 40tahun dan sukses menjadi orang yang memiliki tubuh yang kuat. Penulis buku tersebut adalah Lian Gie. Jadi tidak ada alasan untuk menunda-nunda olah raga. Ingatlah olah raga itu ibadah.
  3. Ketika di tengah-tengah usaha untuk menjadi orang sehat, anda tidak melihat tanda-tanda kebugaran, anda tidak melihat perubahan fisik seperti yang anda bayangkan, janganlah langsung menyerah karena memang ada sebagian orang yang tidak bisa melihat langsung perubahan cepat. Olah ragalah dari yang sederhana hingga yang berat, anda jangan meloncat ke latihan-latihan fisik yang menguras energi sebelum anda terbiasa dengan yang ringan-ringan.
  4. Kalau memang diperlukan stelah musik yang bisa memberi semangat dalam olah raga. Musik bisa memberi kegembiraan dan membuat anda tidak mudah cape.
  5. Masyarakat olah raga dalam keluarga anda, keluarga besar anda dan tetangga anda dan yakinlah dengan olah raga maka mereka juga akan bersemangat hidup dan menjadi manusia yang sehat dan bersih.
  6. Agendakan oleh raga walaupun setiap hari hanya 15 menit 25 menit atau seminggu 3 kali dengan disiplin.
  7. Berikan hadiah atas prestasi olah raga yang anda dan keluarga anda lakukan.

Bab 15

Kuat tekad untuk menjadi orang yang berhasil dalam program ini.

Seberapa jauh dan berkualitas semangat dan keyakinan anda? Apakah anda tahu bahwa rata-rata orang indonesia itu gampang putus asa sehebat apapun pendidikan, keturunan atau lingkungan atau semangat awal mereka. Meretas menjadi orang yang bersih dari dosa adalah harus menjadi cita-cita semua manusia.siapaun harus mau melangkah di jalanini sebab itu adalah yang akan menentukan kebahagiaan dan kesengsaraan abadinya; itu akan menentukan secara pasti keselamatan di hari akhir. Lantas bagaiaman supaya anda tetap bersemangat dan bergelora sampai kapanpun. Tidak pernah mundur selangkahpun apapun yang terjadi di sekitar anda dan itu adalah hal yang terpenting.bukankah musuh ‘yang terpenting’ adalah ‘yang penting’?

Bab 16

Tuliskan tebal-tebal akibat-akibat buruk dari perbuatan dosa dan maksiat. Tuliskan di buku harian, agenda, atau tempelkan di tempat-tempat yang terlihat dengan mudah oleh anda. Akibat buruk itu apakah dari sisi duniawi, akhirat, dalam jangka dekat atau panjang, untuk kesehatan, pendidikan, masa depan,untuk anda sendiri atau untuk keluarga atau teman. Seperti :

  1. Dosa itu selalu menuntut waktu yang khusus, jadi waktu juga terkena kotoran dosa menjadi waktu yang tidak mengandung berkah.
  2. Dosa itu menimbulkan perasaan minder, perasaan lemah,pesimisme dan sifat-sifat pengecut.
  3. Dosa itu kadang-kadang memerlukan uang dan biaya dan biasanya orang tidak segan-segan mengeluarkan biaya yang sangat banyak untuk memenuhi keinginannya. Jadi bayangkan seharusnya dengan uang itu anda bisa memberitahu melakukan investasi.
  4. Dosa itu juga kadang-kadang menarik orang lain berbuat dosa. Jadi anda telah menyeret orang lain untuk jatuh ke lembah dosa. Anda bisa jadi harus menanggung dosa orang lain. Jadi sepertinya anda membuat jaringan para pelaku dosa.
  5. Hidup anda bisa bangkrut akibat terus melakukan dosa. Keluarga akan merasa muak dengan anda, anak-anak anda akan menganggap anda sebagai bapak yang tidak bermoral. Tetangga anda tidak akan mempercayai anda, teman-teman anda akan menjauhi anda, jaringan persahabatan dan komunitas anda akan mengucilkan anda tanpa anda sadari. Jaringan usaha anda juga akan memperhatikan anda lagi.
  6. Efek psikologis yang anda rasakan di dalam batin anda. Sebenarnya itulah hukuman yang pertama yang anda rasakan.Anda akan menderita

  1. Dosa juga merusak kesehatan. Fisik anda akan rusak, kondisi anda akan loyo.
  2. Dan sekian deret daftar dari kerugian-kerugian lain akibat sebuah dosa yang menurut anda patut dicantumkan.

Bab 17

Jadilah penyerang (proaktif) dan bukan makhluk yang diserang oleh hawa nafsu dan setan

  1. Kalau membiarkan hari minggu, senin sampai hari sabtu begitu saja. Anda makan 3 kali

Bab 18

Tanamkan keyakinan yang seyakin-yakinnya bahwa dunia itu[2] bukan tempat untuk mencari kesenangan dan jangan sekali-kali kamu berharap menikmatinya

Saya membedakan antara kesenangan dan kebahagiaan. Kesenangan itu bersifat fisik dan sementara serta biasanya harus melanggar aturan-aturan syariat. Usaha pertama adalah anda harus memikirkan cara agar kecintaan anda kepada dunia dihilangkan dari hati anda. Anda boleh memiliki dunia tapi tidak mencintainya.

  1. Mungkin ada ribuan ide yang masuk ke dalam otak anda. Anda bisa mencarinya dari buku, bertanya, telepon orang-orang yang ahli. Yang jelas meskipun kata orang ini sangat sulit tetapi kita bisa mengikisnya sedikit demi sedikit, sehingga muncul kecintaan yang murni adalah cinta kepada Allah. Ingatlah semakin anda banyak wawasan semakin anda memahami pengertian tidak mencintai dunia
  2. Anda harus belajar dari para ahli yang sudah menjatuhkan pilihan hidup mereka hanya kepada Allah saja, dan mengabaikan dunia.
  3. Mulailah sekarang anda jangan berharap-harap untuk ‘menikmati’. Karena itu anda harus tabah melaksanakan salat dalam waktu yang sangat lama.

Bab 19

Catatlah setiap dosa yang anda lakukan dalam buku harian dosa

  1. Belilah buku harian untuk mencatat dosa-dosa yang anda lakukan.
  2. Belilah buku agenda yang paling bagus dan kalau jilidannya tidak kuat,jilidlah sekali lagi dengan kuat supaya lembaran-lembaran kertasnya tidak lepas dan awet sepanjang usia anda. Karena agenda itu akan membatu anda mengidentifikasi kondisi dan penyebab anda jatuh ke dalam dosa.
  3. Kalau rahasia dosa anda tidak ingin diketahui oleh orang lain,maka anda bisa menuliskan dengan simbol-simbol, tanda-tanda tertentu ataukode-kode rahasia yang hanya anda sendiri yang tahu.
  4. Tuliskan tempat, tanggal dan jam sejarah dosa itu dengan detail.

Bab 20

Investigasi diri anda dan kenalia kelemahan-kelemahan diri anda sehingga takluk kepada dosa

  1. Manusia itu unik dan satu sama lain saling berbeda.
  2. Pelajari diri anda seobjektif mungkin dan dengan cara yang radikal. Cara yang paling objektif adalah : tanyaanlah kepada istri/suami anda tentang perilaku anda sehari-semalam,dengarkanlah pendapat mereka dan catatlah di dalam hati dan di dalam agenda anda. Anda tidak cukup bertanya sekali atau dua kali karena fakta dari orang yang terdekat itu sangat penting anda dengar. Tanyakanlah tentang kepribadian anda, sifat baik anda dan sifat buruk anda, apa yang disukai dan apa saja yang dibenci. Kedua anda juga jangan segan untuk menjadikan anak-anak anda sebagai referensi karakter dan akhlak anda. Dan kemudian yang tidak kalah penting adalah orangtua anda. Cara radikal anda sodorkan seluruh diri anda kepada teman-teman anda untuk dianalisa oleh mereka (tentunya seandainya anda siap mental,kalau anda belum siap, maka carilah kawan-kawan dekat anda untuk menilai anda). Ingatlah penilaian orang lain akan menyumbangkan gambaran yang obyektif tentang anda dengan cara yang sangat singkat dan murah,daripada anda harus ‘mencari’ diri anda sendiri lewat pengalaman hidup).

Bab 21

Agar tidak melakukan riya dalam ibadah ritual ataupuan sosial

Ini adalah penyakit hati, hama dalam ibadah, dan kotoran dalam kesucian. Sebetulnya penyakit gawat seperti ini bisa ditangani kalau kita mau melacak sumber-sumber dan selalu tekun dan tabah untuk mencabut benang-benang keikhlasan itu satu persatu. Ini mungkin metoda yang cocok buat anda :

  1. Pikirkanlah kualitas amal dan bukan kuantitas. Karena amal itu tidak semata-mata apa yang terlihat oleh orang lain. Kalau hati anda belum siap menjadi imam, jangan menjadi imam daripada anda mengorbankan salat, lebih baik meninggalkan kedudukan. Karena kedudukan imam salat seringkali menjadi alat untuk menjadi seorang tokoh, apalagi di negeri-negeri islam saya melihat betapa besarnya kedudukan iman itu sehingga tidak sembarang orang bisa menjadi imam. Dan ini jelas bisa mengandung efek mendua.
  2. Kalau anda hati anda belum siap salat di tempat-tempat umum, salatlah sendirian. Tetapi tampaknya anda juga sekali-kali harus mengorbankan salat anda, artinya biarlah salat anda dilakukan secara tidak ikhlas.

Bab

Suruh orang lain menasehatinya

Kalau anda sulit menasehati istri,anak, adik, orang tua atau keluarga lain.

  1. Anda pinjam buku-buku akhlak yang bermutu, yang disajikan dengan bahasa yang mudah, menarik dan dengan fakta-fakta.
  2. Anda bisa meminjam mulut oranglain, bawalah teman anda, guru spiritual anda untuk menasehati keluarga anda.

Kalau keluarga anda tidak memiliki semangat

  1. Belilah buku-buku hikmah, cd, vcd,dvd motivasi, pemberi semangat.

Agar tidak memakan yang haram

  1. Luangkan waktu untuk mempelajari fikih makanan
  2. Anda bisa bertanya langsung itu cara yang paling cepat dan mudah atau membeli buku.
  3. Dari sekarang pikirkan kasab apa saja yang anda curigai sebagai kasab yang syubhat.
  4. Siapkan mental untuk menolak dan kompensasi yang akan anda lakukan atas ‘kerugian material’ karena anda menolak tawaran sebuah proyek yang remang-remang. Sebelum anda tergiur. Mungkin anda suatu saat anda ditawari proyek yang akan mengucurkan dana milyaran rupiah ke rekening anda, tapi anda tahu itu adalah uang korupsi, hasil pemerasan, suap dan sebagainya.
  5. Pertajamlah naluri mental zuhud anda. Jadi jangan pura-pura tidak tahu atau pura-pura tidak mau mengerti sebuah bisnis yang kotor dan tidak kotor. Karena pilihan itu ada pada anda.

Menghindari dosa-dosa batin

Awas dirusak oleh hal-hal kecil

Tidak meremehkan orang lain karena berbeda mazhab

1. Ingatlah bahwa suatu fakta umat islam itu terdiri dari berbagai macam aliran, mazhab,kecenderungan, pola berpikir, budaya, pendidikan, jenjang pengetahuan dan sebagainya. Jagalah hati untuk tidak berpikir buruktentang orang lain.

2. Kalau anda memiliki paradigma bawa ada sebagian aliran yang sesat

Hubungan multikultural,multi etnis

  1. Anda harus ingat bahwa keberbedaan warna kulit, ras,bahasa,dialek, kultur, bahasa, karakter dsb adalah karunia dari Allah yang wajib disyukuri.
  2. Anda harus ingat bahwa anda wajib ta’aruf[3] (mengenal) artinya anda harus memahami secara mendalam tentang kebiasaan, sifat, karakter, budaya, bahasa, tradisi, kultur dan sebagainya.
  3. Hindari sikap-sikap setereotype, setiap orang itu unik.
  4. Anda jangan mudah tersinggung karena mungkin anda cepat membreikan penilaian.
  5. Ingat pada dasarnya manusia lebih banyak memiliki persamaan-persaamaan dari pada perbedaan-perbedaan
  6. Jangan meremehkan atau menghina karena anda tidak menyukainya karena bisa jadi itu adalah sesuatu yang belum anda fahami benar tentang kebiasaan dan budaya mereka.

Jauh temnpat adan waktu dosa

Mengubah paradigma berikir tentang dosa

Karena kondisi lelah

Hati-hati makan yagn haram

Kepopuleran sumbr dosa

Menyelamatkn diri dari kedengikian

Agar tidak jatuh ke dalam riba

Bab

Mengelola hiburan sehat

Sebagian orang suka mencari hiburan palsu yang tidak memberikan kepada pikiran dan tubuh kesegaran dan kebugaran baru.

  1. Mereka rela menghabiskan malam-malam mereka dengan menonton tv, film dvd sampai dini hari.
  2. Mereka lebih suka meminum-minuman yang akan merusak akal dan fisiknya.
  3. Mereka rela menghabiskan uang dalam jumlah besar hanya untuk kesenangan yang sama sekali tidak memberikan faedah.

Contoh-contoh hiburan dan istirahat yang sehat

  1. Tidur pada waktunya dengan kualitas dan kuantitas yang cukup.
  2. Olah raga, naik gunung berjalan kaki.
  3. Membaca buku-buku yang menghibur
  4. Ngobrol dengan kawan-kawan sehati
  5. Melantunkan dzikir yang keras sampai badan adan mengeluarkan keringat dan suara anda benar-benar menyatu dengan penghayatan anda.
  6. Menyimak kata-kata yang memberi semangat hidup
  7. Mendengarkan ceramah yagn menggugah kesadaran

Bab

Sederhanakan hidupmu

Kesederhaan dan kesimpelan hidup membuat hidup anda jadi ringan, mudah. Kesederhaan hidup juga melatih anda mengesampingkan hal-hal yang tidak penting dan membuat anda lebih longgar dari ikatan materi dan dunia yang kemudian pada gilirannya membuat anda bisa mengurangi dosa-dosa dan bahkan meninggalkannya

1.

Agar tidak melakukan bid’ah

Dalam setiap mazhab, bid’ah itu selalu hadir dengan berbagai bentuknya. Anda harus mewaspadainya.

  1. Pelajari buku-buku agama yang secara khusus berbicar bid’ah
  2. Anda juga tidak cukup mempelajarinya secara intens anda harus bertanya kepada para ulama yang ahli.
  3. Anda tidak cukup bertanya kepada seorang pakar ulama tapi anda sebaikny bertanya kepalada para ulama dari berbagai mazhab. Karena kadang-kadang ada suatu bid’ah yang di dalam mazhab lain dianggap sunaah dan sebaliknya. Jadi anda harus benar-benar profesional dan teliti.

Berilah target-target tertentu

Anda bisa menghapakan target tersebut atau mencatat dalam buku agenda akhirat anda. Dan tetapkan untuk setiap target anda hadiah yang mengejutkan dan sangat menyenangkan anda. Potong-potonglah target-target besar anda menjadi unit-unit kecil. Misalnya target besar anda yaitu menjadi orang yang tidak berdosa atau menjadi manusia suci, anda bagi menjadi 50 unit. Anda raihalha unit yang paling mudah dahulu dan tetapkan waktunya misalnya sekian hari, sekian minggu dan atau sekian bulan tergantng kepada bobot dari unit tersebut,semakian terat tentunya akan memakan waktuyagn lebih lama lagi.

Saya membagi unit-unit kecil itu misalnya. Anda juga bisa membagi-bagi unit-unit itu tergantung kadar, peluang dan cara anda membagi waktu.

Unit

Aktifitas

Durasi

1.

Mempelajari nilai, signifikansi, relevansi dari buku ini

Seminggu

2.

Mempelajari dan menempatkan program pelatihan menghindari dosa sebagai bagian dari misi dan visi besar hidup anda.

Seminggu

3.

Setelah anda mantap dan persis meletakan program menghindari dosa sebagai bagian dari misi danvisi besar anda yang lain, maka anda sekarang melangkah ke tataran praktik. Anda mulai menertibkan ibadah ritual yaitu salat.

4

Salat yang anda akan perbaiki, salat karena sangat penting yang akan menjadi energi seluruh gerakan hidup anda. Mulailah memperbaiki tata cara, ilmu dan keikhlasan anda. Jangan dulu melakukan salat sunah, konsentrasikan untuk meningkatkan kualitas, seperti ketepatan waktu, kedisipilnan, kehadiran hati, keikhlasan.

Sebulan, jika anda gagal anda terus berusaha jangan berhenti dan jangan berputus asa.

5.

Tetapkan untuk berdo’a setiap periode meminta kepada Allah agar anda diselamatkan dari perbuatan dosa. Terus tingkatkan setiap periode.

Tergantung kepada kesiapan waktu dan kesempatan serta pengaturan anda.

6.

Bisa jadi unit tertentu belum dan selesaikan dengan baik, anda tentu bebas meloncat ke metoda lain yang anda perlukan sambil terus anda perbaiki unit-unit sebelumnya. Unit-unit itu bisa anda tinggalkan atau anda terapkan lagi

Hiduplah dengan pola sehat

Sudah jelas sekali pola hidup sehat dan gaya hidup yang baik akan memberikan vitamin yang berharga bagi semangat, stamina dan pikiran positif untuk menjadi manusia suci. Jangan jangan sekali-kali kemalasan dan kebiasaan buruk atau kecuekan anda menghalangi rencana anda untuk menjadi manusia yang sehat, kuat dan bugar.

  1. Mulailah setiap hari melakukan senam atau aerobik, atau joging selama 15 menit atau minimal 3 kali seminggu. Dan anda harus melakukanmya sepanjang usia anda. Lakukan pagi hari sebelum makan, atau malam hari ataukapan saja jika anda tidak bisa terikat waktu, di mana saja, di kantor, di pasar, atau ketika dijalan pergi ke kantor atau sambil berjualan gerakan kaki, tangan anda. Lakukan pemasaan (warming up) sebelumnya dan peregangan sesudahnya.
  2. Biasakan minum air putih yang hiegienis sehari 12 gelas minimal. Ini untuk menghilangkan racun dan menyegarkan tubuh anda.
  3. Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan jangan sering menyentuh wajah atau hidung apalagi ketika sakit. Karena kuman, kotoran itu sering menempel di tangan.dengan sering dibersihkan maka anda menyelamatkan tubuh anda dari sergapan kuman.
  4. Sikat gigi sehari minimal 2 kali dan yang paling penting adalah menyikat gigi sebelum tidur.
  5. Usahakan tidur secara teratur dengan waktu yang cukup.
  6. Istirahatlah yang secukupnya.
  7. Sesekali ceklah kesehatan anda ke dokter atau ke puskesmas.
  8. Lebih baik menjaga kesehatan daripada mengobati penyakit. Karena itu hait-hati dengan sumber-sumber yang akan mendatangkan penyakit.
  9. Perbanyaklah minum air karena itu akan menghilangkan racun
  10. Jauhilah makanan –makan yang dijajakan di luar.

Ketika amalan baik mendatangkan bencana

Ammar makruf yang cerdas menyuruh atau melarang teman dengan cara yang cerdik

Bertanyalah terus kepada diri anda,

Pertanyaan adalah buah dari renungan, makanya jangan remehkan pertanyaan terutama pertanyaan-pertanyaan atas apa saja yang anda lakukan.

Agar tidak mencintai duniawi

  1. Ini adalah urusan hati anda, jika hati anda telah berkarat

TIDUR

Meningkatkan kualitas tidur

  1. Lakukan tidur dengan posisi sempurna, misalnya , telentang atau berbaring
  2. usahakan untuk tetap relaks dan menghindari beban pikiran saat tidur
  3. Minum susu dan mandi air hangat juga akan mebaut tidur lebih lelap
  4. Hindari makanan-makanan dan minuman yang cenderung memperberat kerja organ metabolisme tubuh seperti makanan fast food dan minum kopi
  5. Jika dengkuran yang terjadi telah mengganggu dan menyuebabkan henti napas, segeralah berkonsultasi dengan dokter

Ada orang yang beranggapan tidur bukanlah aktifitas penting. Selain pasif, tak jarang hanya sebagai rutinitas.Sadarkan anda bahwa gangguan tidur juga merupakan suatu penyakit.jumla kesibukan yagn meningatk,padatnya aktifitas serta makai berubany agaya hidup kaum metropolis membaut orang yagn sedang berhutang tidut juga meningakt. Mekanisme utang tidur, mengap tidut dengan alasan produktivitas.

Kendalikan konsumsi minuman berenergi

Efek samping dari kafein

  1. rasa kantuk,memperburuk ketidak stabilan emosi dan ganggun mental
  2. Watak menjadi tidak menentu dan meningkat kegelisahan
  3. Rasa berdebar, gangguan lambung,mual dan tinitus (dengung di telinga).
  4. Dapat memperberat kerja ginjal
  5. Meningkatnya tekanan darah ringan untuk waktu singkat
  6. Efek yang ditimbulkan kafein dan taruin dalam satukomposisi bisa saling berlawanan

Zat pemanis berlebihan

  1. Berbahaya bagi penderita diabetes,darah tinggi, maupun darah rendah
  2. Menimbulkan masalah pencernaan

Cara hidup lebih sehat

Setelah beraktivitas berat, tubuh kehilangan ion-ion, jik aion-ion yang hilang tidak segera disuplai,maka orang akan kekurangan engeri sehinga menjadi lemas dan kurang bersemangat. Untuk mengganti ion-ion tesebut banyak hal yang bisa dilakukan

1.konsumsi makanan yang dibutuhkan tubuh seperti karbohidrat,vitamin, gula,protein, lemak, dan mineral. Zat-zat ini dapat diperoleh dari berbagaia makanan dan buah-buahn, serta minum air putih.

2. Melakukan pola hidup sehat dan kembali ke alam lebih aman daripada mengonsumi produk buatan

3. penggunaan suplemen makanan harus proporsional dan hanya sebagai penunjang

Aman jika digunakan secara tepat

  1. perhatikan petunjuk pemakaian daninformasi yang tertera pada kemasan,misalnya larang untuk ibu hamil dan menyusui agar tidak minum minuman tersebut.
  2. Minuman berenergi tidakdianjurkan bagi pengidap penyakti jantung serta darah tinggi karena dapat memperburuk kondisi, memperbaarak penyakti,hingga menyebabkan serangan jantung, sebab kafein dapat meningkat denyut jantung dan tekanan darah.
  3. Tidak dianjurkan untuk dikonsumi oleh pengidap penyakti gula atau diabetes.Asupan gula sederhana dapat menignkatak kadar guila darah yagn menyebabkan meningkatkan insulin dalam darah.
  4. Tidak dianjurkan dikonsumsi oelh anak-anak dan orang uta karna lebih sensitif serta rentan terhadap zat-zat stimulan, seperti kafein dan pemanis buatan
  5. jangan mencampuri atau mengonsumsi minuman berenergi secara bersamaan
  6. Jangan terlalu sering mengonsumsi minuman berenergi, palign banyak 3 botol dalam satu hari, namun lebih sedikit mengonsumi akan lebih baik.
  7. Sebaikna diminum sesudah makanan untuk menghindari terjadi iritasi pada lambung.
  8. jika hendak mengonsumsi minuman beregeri, akan lebih baik apakabl adilakuak pada siang hari , guna mengimbangi kegiatan yagn dilakukan
  9. bila pemenuhan gizi, seperti karbohidrat,lemak,protein,mineral,dan vitamin sudah mencukup sebaiknya tidak lagi mengosumi minuman beregerni.

Untuk keluarga

  1. libakan anak dengan pekerjan keluarga

pekerjaan seperti mencuci piring, menjemur pakaian, menyapu, dan sebagainy adapat mengajarkan anak-anak banyak hal yang akan menjadi pengalaman sangat berharga

Setiap orang bekerja keras untuk menjadi oprang saleh tapi tidak semuaorangtahu bagaiman melakuka nperbua yagn bernilai

Peraruan pretama

  1. Punya rencana

Peraturan poertama akan membantu kamiu memajukan packaging

Peratuan kedua untuk melakukan improve content

Peratun keti to move ahead

  1. punya rencana dan objek
  2. pelajasi sistem
  3. pelajarai apraisal sistem
  4. Fahami peran mu

Identifikasi indikaotperubahan change indicator

Banyak oragn atidak melakukan apa-apa karena mereka terlalu banyak menyb dairia dalam amal

Knoe your kelemahdan kekiatan, kelihath klie mengapa kita haris tahu kekuatan dan kelemaha kaerna

  1. Kita jadi tahu dimana kita harus mengembangdiri kita
  2. kita jadi tahu bagaimana untuk membuat strategi secara benar
  3. kita jadi tahu apakah ktia cook dnga peranankita atau tidak
  4. kita jadi tahu bagaiman untuk menguasaikesmpatan keitka kesmptan itu tersedia

disini cara untuk mengetahi kekuatna dan kelemaha

  1. buatlah daftar kelemahdan dankekuatan
  2. tunukan dafat inikepada temanmu
  3. lakauka kelamadha n ekuaan fit perannmu

seize kesempatan

  1. jika kamu sering melihat sekelilign kamu akan meliaht kesemtan itu didepa kami tia phari,bnelarj untuk meliaht kesmpatan sebetulnay kesmptan itu ditawatkan kepda kita seitap hari.
  2. dalam menjalan presentai, megniktu pertemu penting dacar mengatasi krisis
  3. negoissssssssssssi

lihatlah segala ssuatu abaikan banayak hal tingkat apa yag nbisa anda tingkatkan pasujohanes xx111



[1] Anda dapat menemukan cerita-cerita tersebut sangat banyak dari berbagai sumber, anda mengklipingnya atau mengumpulkannya menjadi buku itu langkah yang baik.

[2] Ra;su kulli khati’atin hubbun dunya, sumber segala dosa adalah cinta dunia.

[3] Perintah ta;aruf itu diperkenalakn dan dipertegas oleh al-Quran.

No comments: