Thursday, June 21, 2007

Don’t Worry

Don’t Worry

Strategi Mengatasi Segala Kelemahan dan Hambatan

Mengasah Skill Of life

Engkau Memang Serba Kekurangan

Tapi Engkau Bisa Maju Kalu Mau!

Serba Kekurangan Tapi Engkau Bisa Hebat

Kiat-Kita Melejitkan Potensi Diri Dan Memaksimalkan Seluruh Kemampuan Selangkah Demi Selangkah.

“Pergilan mengembara, modalnya hanya badan, kaki, mata, telinga dan otak,itu modal terbesar yang kau punya nak” (Nasehat orang seberang)

Who am I?

Siapa aku ini? Ini yang paling penting, umumnya dalam periode muda siapa aku ini sulit untuk diketahui, karena memerlukan pendidikan jiwa,pengalaman kematangan dan kedewasaan. Karena aku belum diketahui dengan baik sehingga seringkali terjadi error, kesalahan berpikir yang mengakibatkan banyak kegelisahan-kegelisahan yang terjadi, kegelisahan-kegelisan itu sebenarnya harus di alami dan dirasakan sehingga ia terbentuk menjadi pribadi. Pengalaman tidak enak memang kadang-kadang harus dirasakan mau tidak mau, selama kita belum dewasa, karena pengalaman tidak enak itu sebenarnya vitamin dan madu yang membuat kita segera dan bugar, matang. Masalahnya kita selalu merasa bersalah, wajar, tapi kadang-kadang kita juga harus menerima perasaan bersalah itu sebagai sebuah proses dan bagian dari kewajaran, tapa penerimaan kekkuranga-kekruan kgiat kita tidak bisa bangkit lagi ,kita akan mengkhayal terus di alam maya tidak mendarat dalam kenyataan .

Kadang-kadang kita kurang berterimakasih kepada tuhan, bisanya mengeluh dan membandingkan dengan orang lain, padahal kita punya potensi hebat sekali.

Edi anak biasa-biasa saja, sementara Hartono segala bisa, main komputer bisa, mengendarai mobil bisa, menggambar bisa dan juga cas cis cus jago bahasa inggris. Edi malu kalau dibandingkan denga Hartono. Edi akhirnya menutup diri dan merasa tidak punya apa-apa, sementara Hartono selain memang orang kaya ia juga pernah di Australia lima tahun, jadi pantas ia rada menguasai bahasa asing dan teknologi. Tapi Edi tidak memandang kelebihan dirinya, ia hanya melihat Hartono akhirnya Edi tidak bisa memaksimalkan kemampuan matematikanya, sesuatu yang tidak dipunya Hartono.

Padahal memang wajar Hartono di atas Edi dalam beberapa hal dan itu bukanlah kelebihan. Apa yang didapatkan Hartono bisa saja diperoleh Edi kalau Edi kaya dan pernah ke luar negeri. Yang lebih buruk apa yang dimiliki Edi akhinya terpendam sia-sia saja,coba bayangkan kalau terus-terus begitu?

Inilah kita kurang mengetahui rahasia-rahasia diri kita yang kita miliki. Manusia selalu melihat kelemahan dankekurangandirinya, sedikit salah,sedikit gagal ia langsung membuat prasangka sakti kepada dirinya dan mencap negatif. Seorang Filsuf timur mengatakan, “Jangan engkau mengeluh dan jangan engkau selalu menyalahkan dirimu, karena di dalam dirinya ada jutaan potensi yang baru kau gali hanya 1 atau 2 potensi.”

Potensi itu akan tergali kalau kita selalu melihat yang positif-positif dari diri kita, janga terlalu dipusingkan dengan segala kelemahan-kelemahan sebab semura orang memilik, bahwa yang sukses itu sebenarnya lebih banyak memiliki kelemahana-kelemahan itu tapi mereka yakin dengan modal kelebihanyang ada kelemahan mereka akan tergilas habis, jadi pertama jangan terlalu membanding-bandingkan dengan orang lain. Kita ini memiliki keunikan tersendiri kekhasan dan kelebihan dan perbedaa, latar belakang, pendidikankecenderungan dansmue aitu adalah bahanbakara danmodal untuk kemajuan kita,kalau keunikan-keunikan itu kita abaikan maka saat itu kita ingin menjadi orang lain. Resapi dirimu sendiri, tafakur tentang apa yang belum kitapunya dan yang sudah kita miliki gunakan seluurh potensimu untuk meraih impianmu dengan menjadi dirimu sendiri!

Lalu bagaimana kiat atau cara agar kita bisa mengetahui potensi diri kita? Dan bagaimana caranya?

Lihatlah hobimu? Mudah kan ? Apakah engkau penggemar olah raga, teater, musik, bahasa, seni, sastera, politik, teknologi, spiriual? Perhatikan apakah kamu benar-benar menyenangi hobimu itu atau sekedar ikut-ikutan atau karena trend saja? Kalau karena tren dan ikut-ikut saja berarti kamunya tidak terlibatm pilihlah yang benar-beanr kamu memang menyukainya walaupun dicibirkan orang lain.

Hobi

Seni

Bahasa

teknologi

Spiritual

Artinya

Kamu perasa, halus,peka

Komunikasi, bicara,pidato, debat, menterjemahkan, membaca literatur, tekbooks

Otak-atik, benda-benda elektronik, intelegensia matematis

Perenung, penghayat, cinta keabadian, alam gaibm metafisik dll

Inilah modal pengenalan kamu secara tigak langsung dengan dirimu sendiri, sekarangkita terus lacak diri kita dalam bergaul atau bermasyarakat atau berteman.Type apakah kamu apakah type sanguinis,

Apakah kamu orang yang sangat aktif dalam bergaul, tidak pernah sakit hati sama siapapun? Berarti kamu memang punya bakat supel, tokoh dalam masyarakat! Lalu kalau kamu pendiam atau sakit hati bagaimana berati dong tidak bisa apa-apa terkucil?

Tidak kamu bisa jadi sedang dalam proses pematangan atau pendewasaan, setiap orang punya momen-momen untuk mencapai kesempurnaan penuh. Bisa jadi orang yang memanag supel dan luwes dan hangat itu jug amemiliki kelemahan dalam bidang lain misalnya tidak mampu mengatakan tidak, selalu ingin menyenangkan orang lain, ini juga dalam beberap hal khan tidak baik?

Menguji diri dengan melihat apa yang lebih dominan dalam pribadimu. Misalnya begini kita deretkan target/prinsip-prinsip seperti wisdom, spiritual, healty, happy, beauty, justice, wealthy, equality, mature, charity, heroic dan sebagainya lalu pilih mana yang menjadi tujuan,target,prioritas dan paling vital bagimu? Pilihlah dengan penuh perenungan dan jujur maka kamu akanlihat bahwa hidupmu sebenarnya ada di bawah bayang-banyang itu itu, jadi kita akan melihat bahwa karakter dirimu, kegiatan-kegiatan yang kamu sukai, teman-teman yang kamu pilih, sikap dan gaya yang kamu lakukan, cara kamu menangani berbagai permasalahan, cara kamu bergaul dengan teman-teman sebaya atau dengan orang dewasa; hubungan kamu dengan orang tua dan famili kamu diwarnai oleh pilihan yang dominan bagimu. Begitu juga kalau kamu bisa memahami apa yang dominan bagi orang lain maka kamu akan bisa memahami segala perbuatannya, kamu menjadi tidakmudah sensitif dengan peril Contoh seandainya kamu memilih justice, keadilan dan kamu merasa dengan yakin bahwa keadilanlah yang terpenting bagimu selan itu adalah nomor dua, kamu berprinsip bahwa masalah kesejateraan karena tidak ada keadilan didunia ini, masalah krisis kekerasan juga karena tidak ada keadilan didunia, masalah-masalah gender, spiritualisme, perdamaian dan ekonomi semuanya karena masalah keedilan tidak berjalan sebagaimana mestinya maka kamu akan memandang dunia, situasi dan seluruh fenomena, seluruh kasus,peristiwa bahkan hal-hal yang terkecil sekalipun dari persepektif keadilan. Dengan begitu kamu mungkin akan menjadi aktifis atau akan menjadi orang yang aktif untuk memperjuangkan keadilan. Segala sesuatu selalu dinilai dari sisi keadilan. Ketika orang tuamua tidak bersikap adil mungkin kamu akan memberikan reaksi yang berbeda danbahkan mengkritiknya. Kamu juga akan bersikap terbuka dan siap dikritik kalau kamu salah. Type seperti ini cocoknya menjadi seorang ahli politik

Cintailah dirimu karena di dalam dirimu ada emas tersimpan yang belum kau gali

Seandainya Kamu ini miskin, IQ mu biasa-biasa saja, minder, juga jelek misalnya walau kadang-kadang tidak seektrem itu, karena biasanya kalau seseorang itu kaya iqmu rendah, kalauIQ itu tinggi biasanay miskin, tapi anggaplah begitu biasanya orang itu rendah diri. Sebenarnya rendah diri dan konsep diri inilah yang menghalangi ia maju bukan kekurangan-kekuragn tadi, Stephen Covey mengatakan :

Karena itu mengapa kita menganggap ap ayang diberikan oleh tuhan kepada kita sebagai kekurangan bukan kelebihan cerita fakta :

...........

Setiap dirikita adalah unik dan istimewa tetapi kadang-kadang ketieka ktita belumdewas kita terlau tidak bisa mendalami secara menyelam secara dalam . kita tidak bis akeluar adari keadaan kita,toh keanak-anakmudaan mmebuat kita terjepit seilah –ielahyagn bterlakiitulah yang tebenar.

Gali potensimu, Membangun dan mengembangkan terus

Kekurangan appaun yang kita miliki itulah milik kitayang harus kita banggakan modal kit asbeenarya hanyalah semangat, ketekukan kesabaran dan doa serta tawkal.

~ Kemampuan ktia akan bertamba terus dengan belajra dan praktek

ingat itu! Bahwa kita tidak selalu berhenti dan terbatas, kemampuan dan potensi kita akan melar, wawasan kita akan meluas , daya pikir kita akan tajam dan kita tidak lagi sempit, mungkin saja kita merasa tidak berdaya karena kita berada dalam lingkungan yag sempit dan tidak memberdayakan. Mungkin kita harus keluar dan memberdayakan diri dengan orang-orang yang akan mendukung kita atau kita harus mencobai segala bentuk kekerdilan supaya motivasi kita bangkit, ingat dan camkan selama kita punya kemauan maka kita akan bisa memperbaiki segala keterbatasan kita.

Strategi untuk memberdayakan diri

atakan, “Pabila saya ingin mengubah keadaan, saya harus mengubah diri saya lebih dahulu dan untuk mengubah diri saya secara lebih efektif saya harus mengubah persepsi saya

Persepsi ini harus kita rubah dan kita yakinkan kepada diri sendiri bahwa saya manusia yang s h pokihikuyuoiuy78uo8vyghrijktbhh.lhg15f4561

Strategi untuk Memberdayakan Diri

Banyak Belajar banyak membaca, Banyak Belajar Bahas asing Supaya kita akarab dengan Bacaan-bacaan yang bermutu jagna janga segan mengeluarkan uang untuk beli buku buku berkualitas .ingat

Buku bisa merubahmu pandanganmu dalam beberapa detik!

Jadi hebat khan! Kalau pandangan berubah maka sikap dan tindak tandukmu juga berubah dan kalau tindak tandukmu berubah maka hidupmu juga berubah!

Bergaul Dengan Orang Baik

Ini nasehat klasik, yang tetap akan kekal dan berlaku dimana saja dan kapan saja. Sangatlah mudah bergaul dengan orang-orang baik, karena mereka akan dengan sangat senang menerima kita dengan segala kekurangan apapun yang kita miliki. Kalau kita memang sangat sulit atau ada masalah dengan kepribadian kita maka jangan segan-segan dan jangan malu-malu untuk bergaul dengan orang-orang yang baik,sekalipun usianya ada di atas kita. Dan dalam hal ini kita harus bekerja kerasa untuk mendapatkan teman-teman yang baik karena mereka itu seperti mata air kebaikan yang akan membasahi mental kita tanpa kita sadari dan dengan sangat mudah sekali. Karena itu secara masuk akal, sebaiknya bagi yagn memang kurang disiplin dan tidak mau begitu berpayah-payah untuk membentuk karakter maka jalan yang paling rasional adalah dengan mencari kawan yang baik. Temukan teman tetanggamu, teman di masjid, teman di madrasah, teman di sekolah kalau belum juga menemukan maka carilah yang usianya di atas kamu, tidak ada masalahdan tidak salah memilih pergaulan dengan orang-orang dewasa yang baik. Bahkan menurut temuan bergaul dengan mereka bisa mempercepat kematanganmu. Jangan dengarkan ocehan kawan-kawanmu yang tidan ingin melihat kemajuamu! Langkah ini tentunya bagi remaja dan anak muda (21-21) seusiamu menuntut kerja keras dan penguasaan mental.

Awas jebakan sehingga kamu kesulitan untukmembuka kunci kehidupan

Jebakan atau rintangan masa muda adalah eskapisme darikegagalan,

Tanda-tanda kamu terjebak

Þ Merokok (walaupun masih ringan itu karena dipengaruhi teman,media tau karena intuk mengesankan dewasa, gaul dsb)

Þ Malas-malasan

Þ Tidak punya minat yang kuat

Þ Inginnya senang-senang melululu boleh senang-senang tapi ada batas dan hindari perbuatan-perbuatan yang negatif

Þ Emosi perasaan tidak stabil, marah agresip kecewa berat dan merasa gagal

Banyak manusia besar dan sukses melalui hidupnya dengan kemiskinan dan penderitaan tapi jiwa mereka malah semakin besar dan semakin kuat sehingga derita kemiskinan tidak menjadi penghalang untuk kesuksesan mereka. (arrabe zen)

Kurang Harta alias miskin

Mengapa kekurangan di bidang materi membuat kita berhenti berkreasi atau kalau kita berkarya agak setengah-setengah, tidak sepenuhnya tidak optimal? Kita mempersilahkan oran-orang kaya untuk maju ke depan, kita membiarkan diri kita mundur selangkah demi selangkah dan jangan-jangan kita malah melarikan diri dari medan hidup?!

Ada apa dengan kekurang di bidang materi ini. Lihat Bill Gates tidak mampu meneruskan kuliah tapi jadi orang sukses di bidang teknologi komputer. Dr Deliar Noer doktor politik pertama dari Indonesai membanting tulang dengan menjadi supir, banyak tokoh-tokoh kita yang dulunya miskin. Tapi mereka tidak memandang kemiskinan sebagai penghalang untuk kemajuan, melangkah ke depan dengan penuh semangat seperti semangat orang-orang kaya bahkan lebih dari mereka.

Ketika tidak punya uang memang kita merasa dibatasi tapi kita punya semagat, keprihatinan, kekuatan dari dalam bukan dari uang bukan dari luar. Itulah modal dahsyat.

Tidak ada senang kalau hidup dalam kekurangan. Tetapi kalau kita ditakdirkan hidup selalu dalam kekurangan maka jalan satu-satunya adalah menerimanya. Kemiskinan dan kekuarang harta benda adalah lecutan terbesar untuk melesat maju dalam hidup. Tidak ada dalam sejarah pemicu perubahan radikal yang lebih dahsyat dan mengatasi kemiskinan. Inilah sebuah episode yang dialami oleh manusia-manusia besar, mereka merasa bahwa diri mereka lebih besar dari derita kemiskinan itu.

☼ Orang-orang besar menganggap kemiskinan bukanlah penghambat tapi tangga menuju puncak.

☼ Kemiskinan dan kekurangan materi hanyalah kejadian kecil dan tidak menjadi kesulitan besar.

☼ Orang-orang besar menikmati kemiskinan itu untuk memompa kerja keras dan seberapa tangguh ketabahan dan kreatifitas mereka untuk tidak terjebak dalam ketidak mampuan.

Kekurangan membuat orang menjadi aktif dan mengerahkan segala daya dan potensinya dengan maksimal,sementara kekayaan membuat seseorang terlena dan penuh dengan khayalan.

☼ Kemikinan adalah kepercayaan dari tuhan bahwa engkau memang kuat.

Kalau kamu dihadapkan dengan segala kesulitan keuangan. Mungkin kamu akan menghadapi.

  1. Betapa malunya kita selalu ditagih oleh guru sekolah
  2. Kita tidak yakin apakah sekolah kita bisa selesai atau tidak
  3. Kualitas gizi dan wawasan kita agak terganggu
  4. Pakaian kita usang
  5. Pergaulan kita agak tersisih
  6. Orang tua kita selalu mengeluh dan kita juga mungkin mengeluh juga.
  7. Tidak ada waktu untuk bersenang-senang.tidak ada waktu untuk menikmati hiburan.
  8. Tiap hari hidup deg-degan apakah kita bisa makan atau tidak?

Dan mungkin masih banyak dampak-dampak dari pada kekurangan-kekurangan yang kita rasakan secara nyata. Tapi ingat

√ Kadang-kadang kemiskinan bukan karena kitanya

√ Kemiskinan membuat seseorang menjadi tangguh

√ Pada awal-awalnya saja hal-hal yang di atas membuat kita panik dan malu setelah terbiasa kita akan kebal lagi.

Bangsa Viking menjadi besar karena laut selatan

Laut selatan adalah situs alam yang sangat ganas dan menakutkan. Bagi mereka yang mau melewati lauta itu berarti mereka harus memikirkan bahwa mereka pasti mati di sana tetapi bangsa viking berani melaluinya dan mereka berhasil mengalahkan laut selatan. Ombak yang ganas menjadi mainan bagi mereka dan mereka tampil menjadi manusia yang besar dan kuat.

Kemiskinan dan kekurangan adalah laut selatan. Semua takut mengalaminya, mengerikan dan bisa menjebol jantung. Didalammnya ada kengerian, kekurangan bahkan bisa membunuh, tetapi hanya orang-orang yang bernyalai mau mau melewatinya dan menguasai kemiskinan dan bahkan menaklukannya sehingga menjadi kendaraan mereka ke arah keberhasilan.

Kemiskinan adalah kawah candradimuka yang akan menggodok kita menjadi manusia super kuat

Seandainya kita memang harus mengalah dulu, seperti

  1. Tidak bisa melanjutkan sekolah
  2. Harus bekerja siang mala membantu orang tua
  3. Membanting tulang

Maka ingatlah bahwa kesuksesan tidak sama dengan duduk di bangku sekolah. Kita masih bisa

  1. Belajar dengan membaca
  2. Bertanya kepada siapa saja
  3. Belajar sendirian

Seandainya kita-kita harus banting setir maka itulah mungkin garis kehidupan kita, yang sewaktu-waktu bisa berubah juga.

√ Yang kita mainkan adalah hidup

√ Ketrampilan belajar (skill of learning) itu sebenarnya untuk skill of life

√ Ketrampilan komunikasi itu (skill of comunication) sebenaranya demi untuk ketrampilan hidup.

√ Ketrampilan mencari uang (Skill of bussiness) sebenarnya adalah demi untuk ketrampilan hidup.

Jadi ketrampilan hidup itulah yang terpenting. Ada kalanya kita harus duduk di bangku sekolah tetapi bukan keharusan. Memang kadang-kadang kita harus mencari uang tetapi juga bukan tujuan segala-galanya,hidup itulah yagn penting

Kurang cerdas

Kalau doi merasa masygul dengan otak dan daya tangkap,sangat lambat mencerna pelaajaran dan cepat pusing dengan angka-angka serta kerumitan rumus-rumus eksakta, maka tidak perlu risau, sebab rata-rata orang mengalami hal demikian. Sebagian orang cerdas dan sebagian orang tidak cerdas. Sebagian kecil dilahirkan jenius dan sebagian besar biasa-biasa saja dan sedang-sedang saja. Tetapi kesuksesan dalam bidang pembelajaran tergantung puluhan faktor seperti minat, konsentrasi, dijalani dengan nyaman dan menyenangkan, dan sebagainya karena itu terpaku dengan kemacetan otak saja jangan terlalu dipikirkan dengan serius.

Ingat kadang-kadang

√ Bukan kelemahan kita, tetapi ada type belajar yang tidak cocok dengan kita

√ Karena itu pelajari dan amati dengan cermat type belajar kita

Takut

Takut memang sifat alamiah manusia. Manusia akan merasa takut dengan bahaya karena takut adalah insting alias pembawaan dari sananya, jadi perasaan ini pasti menempel abadi. Takut ini telah menyelamatkan manusi. Coba kalau kita tidak takut jatuh dari ngarai yang sangat curam? Tidak takut dengan binatang buas? Tidak takut dengan mati? Tidak takut celaka? Maka dalam hitungan detik kita sudah tidak hidup lagi. Ada takut jenis lain yaitu takut ancaman, takut diganggu, takut-takut itu adalah wajar kita miliki selama tidak melewati batas karena nekad juga tidak baik. Tetapi yang tidak wajar adalah kita menjadi kesulitan, kerdil dan tidak berdaya. Ketakuan itu telah mengekploitasi energi, sehingga daya dan kekuatan kita menjadi terkuras. Ketakutan seperti ini perlu disembuhkan dengan mengalami apa saja yang kita takutkan itu. Walaupaun kita manusai penakut kita bisa mengatasi hambata rasa takut itu dan bahkan mengusirnya. Biasanya semakin orang dewasa semakin mengerti bahwa apa-apa yang dulu ditakutkan itu ternyata sesuatu yang sepele. Tarohlah kita memang wujud penakut tetapi marilah kita akrabi perasaan kita itu, kita resapi dan kita ajak ngobrol secara intens dan kita hayati mengapa kita sampai demikian takut? Ada bermacam jawaban mengapa takut di sebagian orang demikian mendominasi. Ada yang terkait dengan faktor keluarga, didikan dan asuhan yang tidak tepat, orang tua yang terlalu protektif sehingga si anak begitu bergantung sampai dewasa kepada para pelindung ia tidak siap menghadapai segala kemungkinan. Dan masih banyak jawaban-jawaban yang mungkin baru kita menyadari bahwa takut yang ada pada diri seseorang dan kita bukan dari kita sendiri tapi dari luaran, dari hasil didikan dan sebagainya. Memahami semua ini tentu kita tidak bisa menyalahkan masa lalu kita bisa memperbaiknya.

Rasa takut apapun yang ditakutinya apakah kekerasan, hal-hal yang menyeramkan, ancaman, dan sebagainya akan semakin berkurang dengan menyadari inti dan apa sebenarnya yang kita takutkan itu dan mengapa kita merasa takut?

Siapa yang dilahirkan langsung pede?

Anton bercerita aku memang memasuki dunia baru, teman-teman baru dan lingkungan baru, juga sistem pengajaran baru dan tetangga baru.....

Kepercayaan Diri itu memang tidak tumbuh cespleng, ia berasal dari kesadaran kita bahwa itu mengganggu, selama kita tidak merasakan itu sebuah ganggguan maka kita tidak termoivasi untuk merubahnya.

Kekurangan Uang

Ingat uang bukan segalanya bahkan kadang-kadang uang itu membahayakan, bisa kita bayangkan kalau kita pegang uang banyak, kita bebas bisa beli apa saja,pergi ke mana saja dan melakaukan apa saja,pertanyaan apakah selama periode kita punya uang kita berkuasa atas uang atau kita dikuasai uang? Dalam kebanyakan hal manusia dikendalikan oleh keinginannya bukan sebaliknya.

Uang setengah malaikat setengah iblis

Orang jahat karena uang, karena uang seseorang menjadi terlena, mau melakukan apa saja untuk uang, ketika tidak punya uang kita memiliki keterbatasan-keterbatasan, kita jadi menghargai uang

Ingat

  1. uang bermanfaat kalau kita bisa menggunakan untuk hal yang penting
  2. Uang membuat kita menginginkan yang asalnya tidak terpikirkan
  3. Uang membuat kita jadi berkuasa
  4. Uang membuat kita lupa cape, lupa pekerjaan-pekerjaan yang penting
  5. Uang membuat mata kita menjadi gelap
  6. uang meningkatkan kualitas hidup kalau dibelanjakan secara efisien

uang melatih kita menjadi orang hedonis

Ketika kita tidak punya uang banyak yang

  1. berhenti sekolah
  2. tidak sekolah mencari duit
  3. menjadi preman kecil
  4. mencuri
  5. menjadi jahat

Dalaam beberapa hal memang kemiskinan membat seseorang harus berhenti mundur dan mengalah, namuan seandainya terpaksa sekali kita harus berhenti sekolah, kehilangan waktu untuk belajar,letih dan cape karena harus membanting tulang malam harinya padahal siang haris kita juga harus belajar. Saat itulah kita harus menyadari bahwa ada kalanganya dalam hidup ini kita harus mundur teratur, kesuksesan bukanlah seperti apa yang disangka orang, kesuksesan itu ada di dalam diri.

Banyak yang dapat diperbuat meskipun Seseorang itu Miskin , Tidak Berdaya, tidak sekolah, tidak Bekerja, tidak pu

Seseorang bisa sukses walaupun

- tidak punya uang

- uang sedikit

- orang tuanya banyak utang

- tidak punya orang tua

- tidak ada yang menanggung

- tiadak ada yang membiayai hidup

Bahkan seseoran gitu bisa gagal kalaui

-terlalu banyak uang

-telalu dimaja uang

-tidak penah merasa kesusahan

tidak pernah mengalamipahit hidup

-ingin enak terus

- ingindisanjung terus

Otakku biasa-biasa saja

Aku tidak pintar, Aku tidak cemerlang bahkan mungkin aku bodoh, jangan cepat kilat mencap diri dengan hal-hal yang buruk, kamu belum tahu diri kamu sebenarnya karena kamu baru tahu kulit luarnya saja. Kamu belum digodok, kamu belum tahu cara belajar yang sesuai dengan kamu, apakah kamuini tipe kinestetik, visual, kalau selama ini yangkamudapati itu metoda pembelajaran itu –itu saja jelas bisa merusak kemampuan kamu, apalagi kalau kamu cepat-cepat pasrah, tiak ada yagn meberi motivasi kamu, kamu berada dalam lingkungan yang kurang tepat, teman-teman mempengaruhi kamu,dsb,

Kalau dunia kamu adalah akademik maka mungkin proses belajar kamu yang agak lamban bisa diperbaiki denga strategi belajar unik

Type-type kecerdasana

Kinestetik

Linguistik

Verbal

Matematisk

Music

Apa itu belajar unik ?

Belajar unik adalah belajar alamiah,

Belajar dengan bertanya

Belajar dengan menulis surat

Belajar dengan berteman dengan orang pintara

Belajar bergerilya

Aku ini selalu mudah putus asa

Aku tahu aku harus rajin bekerja,giat belajar,aktif diaman-mana yagnpositif, rajin, membaca apa saja, pilih kesempatan tapi aku kok cepat putus asa aku cepat kelelahan dan staminaku tidak seperti awal-awal lagi jadi deh segalanya selalu berantakan, pertama semua orang di dunia ini bahkan orang-orang yang suksespun selalu mengalami rasa putus asa. Putus asa memang menimpa semua orang tetapijagna lama-lama kalau terlalu lama, terus melamun dan tidak mau aktif dan bakit lagiitu artinya kamu harus tahu

  1. putus asa itu karena kamu pernah gagal beberapa kali
  2. Tidak ada yang membangkitan lagi
  3. kamu selalu menunggu sampai segala sesuatu menjadi sempurna
  4. Kamu tidak mau gagal

Padahal

  1. Gagal itu wajar dan putus asa juga wajar tapi jangan keterusan
  2. Kita sendiri harus membangkitan baca buku-buku positif thingking dan yang menggugah kepribadian dan semangat.
  3. Janga ningin jadi sempurna langsung hadapi baik dan burui kti milikmu akui dan nikmati lama kelaman kamu akan bisa mengikus sisi-sisi jelekdarimu.
  4. Kenapa takut gagal seorang yagnsukse itu adlah orangyangberani gagal. Jagna pernah menyerah pantang mundur, jangan langusngmunduri, kenata takut galgal ingin langusng sukses tidak ada itu dalam kamus kehidupan.

Ingan semakin kamu banyak mengalami kegagalan semakin dekat kamu dengan keberhasilan !

Gagal itu artinya

Kata-kata mutiara

  1. anda perlu menerima peristiwa-peristiwa dlam hidup anda untuk menjadikan diri anda milik anda sendiri . Anne –Wilson Schaef
  2. Puisi sering kali masuk melalui jendela kemustahilan –M.C Richards
  3. Di dalam dirimu ada seorang seniman yang tak kau kenal- JALALUDIN RUMI
  4. Apapun yang tuhan takdirkan atas manusia pastilah tidakakanterwujud kecuali atas kerjasama dengan manusia itu sendiri –stella Terril Mann
  5. dalam kerja kerasa yagn sedang kita lakukan kita akan menemukan hal-hal yang tadakbisa kita lakuakan sendiri- Rober Mutherwell
  6. Tuhan harus selalu mewarnai kesadaran kita- Joel s.Goldsemith
  7. Yang kita mainkan adalah hidup- Louis Amstrong
  8. Apa yang ada di belakang dan dihadapan kita adalahmasalah kecil dibangdingkan dengan apa yang ada di dalam diri kita – Ralp Waldo Emerson.
  9. Ada yang merusak masa muda, mencoba-coba yang buruk dan ada yang dahsyat meruba masa muda mencoba-coba yang baik –Zen Carl
  10. Tidak ada yagn fantastis dengan kemudaan karena mereka memiliki semangat,energi, kekuatan dan kepolosan- Ralp Waoe
  11. Seandainya umur bisa kubeli aku akan beli dengan harga apapun asal bisa kembali ke masa muda- jammes pettu
  12. Perubahan itu intinua bukan di buki bukadiluar ngeri bukan di tempat jauh tapi ada di dalam dirimu dari jiwamu-
  13. kata-kata yang mencerahkan jiwa lebih berharga daripada intan berlian-hazraat inayat khan
  14. Kerang bisa merubah pasir menjadi mutiara berharga –blaine lee
  15. tentng newton john counduitt mengatakan, orang yang terus melakukan serangkaian kerja,memiliki kesabaran, kerendah hatian, kesederhanaan, kelembutan, kemanusiawian, kedermawanan dan kesalehan tanpa ada bandingnnya.
  16. apabila kehidupan sehari-hari rasanya miskin, janganlah kau keluhkan, tetapi sesali dirimu karena kamu tidak cukup tabah untuk menggali kekayaannnya . Adagium, Rilke,penyair jerman.
  17. Tertawa adalah persepsi terhadap situasi yang kontradiktif, Emmanuel kant
  18. kecantikan adalah benteng terapuh perempuan yagn digempur industri kecantikan , beauty and mythe

Kisah-kisah manusia besar

  1. newton pada saat bayi sering sakit-sakitn, ayahnya isaac, adalah petani miskin yang kasar, boros dan lemah dan telah meninggal sebelum lahirnya isaac.
  2. jacky cen ketika masih bayi karena ibunya sangat miskinhampir-hamiria mau dijual karena untuk menutupi keperluan hidupnya.
  3. adam maliksekolah sd saja tidaktamat tpai bisa menjaid wartawan dan wakil presiden.
  4. Konglomerta thailan yang bagkurt mau berjualan asongan.

analisa ilmiah, riset, kajian ,penelitian

1. mekanisme pertahanan diri ada cara-cara untukmelindungi diri kita dari hal-hal yang tidak menyenangkansecara sadarm dalam skala kecil hal itu emmbantu kita brtahansetiap harim tetapi aapabi diguanak secara berlebihan dapat menyebabkan maslah 1. represi : menekan hal2 yg tidak diinginkan ke dalam ketidaksanadan dan menuyimpamnu disana, repersi yang berlebihan menimulkan kelelahan. 2.regresi kemabli ke fase sebelumnya mausia secara wajar selalu mencari keadaan yag memberikan kenyataman terutama bisal sedang stress, sepri mengisap jari, jempol minummerokok, minum dll. 3. displacement mengalihkan energi/libido kepada kegiatan lain 4.sublimasi nama lain displecement yanglebhsehat, keitak stres atau mara kita olahraga, 5, penolakan, 6 proyeksi

Tidak bisa mengaktualisasian Diri

Menurut Watson Hirarikie kebutuhan manusia yang tertinggi adalah mengaktualisasikan diri, lalu kenapa doai tidak bisa mengaktualisasikan diri aapakahhaabtan-hambatanya? Ingat kunciny a adalah mengetahui potensi diri dan melihat apa hambata-hambata yang merintangi proses aktualisai tersebut?

Bosanan

Manusia memang pembosan, tetapi kita juga jangan terus-terusanbosan apalagikalauitu adalah sesuatuyang harus kita kerjakan, tanggung jawab kita, amanat kita, kita akan terus menemuinya akan selalu menghadapinya, kebosananbisa ditepis dengan tidak terlalumemfokuskan kepad ayang lain.

Ilustrasi :

Handoko tidak lagi minat dengan kegiata ekstra kurikuler disekolahnya, semunya rese membosankan, akhirnya karena ia harus mengikuti pelajaran-pelajaran tersebut ia ikuti dengansetangh hati, handoko merasa kegiatanitu terlalu kekanak-kanakan,cocok untuk anak-anak kecil yang cengengn, tapikarena ia harusikuaturani aeerpaksa harusmengiktuinya.

Type seperti handoko memang

Memang type yang tumbuh dalamsebuahkeluaraga yang mandiri, tidaksuka dengan aturan-aturan yang tidak baru, tidak mencerminkananak kecil, tapi masalahseebnanya kadang-kadang dalam hidup itu kit aharus melakonkan skenario yang tidak sesuai dengan rancanangan kita dan karena kita berada dalam sistem kita tidak bis keluar unt dari hal itu untukmengatasi ada beberapa saran

  1. bersabarlah terlebih dahulu
  2. coba cermati lagi mungkin dari hal yang remeh-remeh itu bisa didapatkan hal-hal yang luar biasa.
  3. coba lihat lagi dari sudut pandang lain
  4. Cobalah ubah cara berpikirkita yang selalu mengharapkan suasana dansituas harus sesuai dengan kita, karena kita bukan orangyang bisa merubah susana tapikita bis mewarnai

Pemurung

Pemuurng adalah sikap agak membencisesuatu, lingkungan kepanda dirisndiri, tidak punya minat, tidak bergairah,banyak faktor yang menyebabkanseseorag menjadi pemurung faktor itu mungkin berasal dari dalam diri kita, dari lingkungan kita atau darikeluarga kita, ada type-typoe ceria yang biasanya memang sangat atraktif menarik minat orang , kalau kita membanding-bandingkan memang terasa betapa kita sangat negatif, jangan terlalu dipikirkan dan jangan terlaludibanding-bandingkan , manusia itu unik dan berbeda lho!. Kadang-kadang kalau kita pikir-pikir sebenanruya yagn kita anggpa kekurangn itu bisa menjadikelebihna kita.

Seorang pemurung kalau pintar bisa menjadi ahli tafakur

Yang cocokbuat sipemururng adalah perpustakaan, keheninganmtempat sepi, menggambar, melukis, menulis novel, tekun dilaboratorimum berjam-jam

Kalau juag ingin ceria

  1. berlatihlah sedikit demi sedikit,
  2. bergaulah dengan orangyang ceria,
  3. baca buku-buku humor yagn menertawakan,
  4. kenapa berseih terus?
  5. berdoalah

Mudah benci kepada orang

Perasaan benci kepada orang

Yang tanpa alasan tentu saja bermasalah.tetapikebanyak mausiamemiliki alasan untuk membenci type-yoe tertenty denganmegnatahu penyebabnya langksah awal yangbagus untuk mengubah diri menjadi seorangyang menyayangi semua manusia. Perasaan mudah muak dan benci kalau tanpa alasan maka harus dicari alaasan biasana karena

  1. ada cici-cici fisikal ternentu
  2. seseorang yang memiliki gambaran buruk ,jelek,ehina sehingga ituah sombil kerendah dirian
  3. penilaian masyara kat atau image di dalam masyaraka yang membuarnya juga terpengaruhi demikian.

Pasif

1.Seseorang bisa menjadi fasif karena berbagai faktor faktor yang palingdominna baisanya ia tidak pandai atu tidak menikmati suasana, tidak menikmati pergaulan dan tidak ada ketengann, merasa menajdi bahan olok-olok,dikecilkan dikucilkan atau memang lingkungan kurangbegitu menantang atau karena dirinya masih belum siap, orang fasif biasanayajadi introvert menuutp diri,tidak ada kewajarandalam pregaualnnay tiadk bersemangat. Ia bsa bersemangat kalau suasanan beruab hmenajdi menantnag diirnya atau ia sangat memegang peranan penting

anginan-anginan

2.Selalu merasa dipojokan

  1. Mudah dipengaruhi kawan

Type yang siap memuaskan keinginan dan berani mengambil resiko yang sangat negatif.

Sebelum anda tersetrum menjadi type manusia seperti ini, anda harus waspada ada gris-garis pertahanan kita bobol dan kita menjadi liar serta tidak terkendali.kitamenajdi monster-monster yagn siap memangsa siapa saja dan kapan saja manakalan ada kesempatan yang cukup sepadan dan kita tidak mempedulikan apakah orang-orang yang akan kita jadikan korban itu orang-orang dekat, tetangga atau sekampung, di dalam hati manusia-manusia seperti in ikeburukandilempatkan ke orang lain. Segala hal-halal yang dilarang adalah incaran manusia-mansia seperti ini, semakin itu dianggap sesuatuyang amat tabu,haram dan dibeci masyarakat maka mereka akan nekad melangkahi dan melampau batas-batas seperti itu, amat banyak ktia lihatorang-orang biasa yang dulu biasa-baisa dan bahkan kitakenal kebaikan dan kelaurganya bisa terjerat ke lemab narkoba, sangat tidak sedikit dara-dara yang mau menjual dirinya bahkan bukan degnanalasan ekonomi tapisebuah pemberontakan yagn telah merek cetuskan kepada suatu nilai dan moral. Bayak anak-anak mudauagnrel menual masa emas muda mereka mengorbankanirinya ke adalam sebuah apa saja yagn merea maui dan merkea sukai. Tak pedulua emreka tidakpedulu dengan masa depan, masa sekaragnprangtua dan kelaruaga. Tidak ada seolah-olah hdiup adalahhari ini dan tidak ada yagn lain, mereka inginmenentukan nasib dan permainna sendiri. Walau pada akhirnya yagn menajdi korban adalah para orang tua mereka, pihak keluarga,teman dan masyarakat. Akibat perbuatan-perbuatan mereka maka anak-anak mudayagn lain juga terbius dan terperangkap dengan jebakatn mereka. Maka menyebarlah penyakit, kekotoran, dan virus-virus mental merasuk ke semua jenis manusia. Masyarakat merasa terganggu dan mereka banyak mengalami rasa khawatir.

Asal tahu saja

  1. Jangan sekali-kali mencoba-coba menajdi manusia jahat
  2. Tidak ada gunanay abagi kamu,bagikelauraga dan bagi masuyarakatara
  3. Bahkan bisa merusakn kamu, kelauraga,lingkudan dan masyaraka
  4. Kamu tidak akan menjadi pahlwan dan orang hebat bahkan tanda kedunguan berpikir

Tetapi seandainya ada diantara kita dan kawan–kawan kita yang memangg sudah demikian maka kita harus kembali, dankita juga hrus bisa mengembalikan mereka –mereka yang telah terjerumus dalam lumpur dosa, tentu saja usaha untuk mengembalikan diri sendiridan orang lain dalam hal ini bukan sekedar perbuatan biasa. Memang ini adalah pekerjaan yang teramat sulit tetapi bukan mustahil kalau ada kemauan.

Ingat penghalang untuk kembali

1- kalau tidak ada yang membimbing dan memberi semangat

2- Kalau ketika kembali malah dilecehkandan ditertawakan.

3- Seakan-akan tidak ada bedanya.

4- Malah hidup jauh lebih sulit

Tetapi ingat sekali lagi, segala sesuatu tidak bisa dengan mudah kita lewati tanpa ujian dan cobaan, sekalipun tampakanya proses kembali itu seharusnya mendapatdukungah dan sambutan diluar tidakdmeikian,ada yagn tidak mengetahui kita, ada yagn tidak mengertimaslaahnya adan yang trauma daengankejahatan-kejatah model itu,ada yang tidkabisa memaafkan,inilah rintangan-rintanan psikologis yang harus kita jalani dan kita lewati. Disini terntanya

1, bahwa niat aantekad kitauntukkembali memang harus benar-benar kuta

2.kalau tidakkuat ada anginsedikit saja maka ktiamenjadi cengeng dan tidak tahan

3. janganmeikirkankecamanterhadap diari tapilihatplah emdapakyanati untukanda,kelauraga dan masyarakat

kumpulan cerita-cerita

Si jahat

Jack suka mencoba-coba sesuatu yang terlarang. Jiwanya sangat mudah tertarik untuk merasakan hal-hal yang tidak sepatutnya dialami di masa mudanya. Asalnya tidak demikian tetapi sewaktu dikirim oleh ayahnya kelaur kota untuk sekolah an ia harus tinggal di kos sendirian, mulailah jiwa petualangannya bangkit lagi. Memang ia kurang mendapat pendidikan agama secara mendalam hanya sekedar tahu saja itupun sekilas saja. Sehingga jiwanya dengan segala kebebasan danfasilitas itu ia menjadi liar dan merasa punya kesempatanyagn sagnat tak terbtas,apalagi ayahnya memagn berkecukupan Ia bahkan karena coba-coba itu berani masuk ke tempat-tempat yang sama sekali tidak boleh bagi usia sepertinya. Seperti komplek pelacuran, perjudian, tempat mangkal orang-orang para pemabuk dan sebagainya.akhirnyaia malahmenjadi satu kawan dengan par preman tersebut.

Pertanyaa kita apakah orang ini sudah terjerumus? Apakah ia sudah melangkah jauh dan tidak bisa diselamatkan lagi, Apakah beresiko kita menyelamatkannya dan apakah kalau itu kita yang mengalaminya yakinkah kita bisa sadar akan langkah tersesat kita tersebut? Tergantung dari mana kita memandang dan dengan pandangan apa kita memandang. Kalau kita memandang dengan pandangan pesimis tentu saja jawabannya adalah terlalu sulit dan bahkan amat mustahil untuk menyadarkannya dan kalau itu orang lain kita akan kena getahnya, amat riskan dan sangat beresiko. Sangat berbahaya, tetapi coba perhatikan kata-kata ini

  1. Banyak contoh orang yang jahat kembali ke jalan yang benar.
  2. Jadi siapa saja mungkin sadar dan kembali ke jalan yang lurus.
  3. Tidak ada yang dikutuk untuk menjadi orang yang tidak baik selama-lamanya oleh tuhan.
  4. Semakin cepat kembali semakin baik
  5. Kapanpun pintu taubat selalu terbuka luas

GAGAP BICARA

Kafi selalu tidak berkutik kalau harus berbicara di depan orang banyak. Jantungnya seperti berhenti tak berdenyut. Ia seperti dicengkram kepanikan perut merasa mual dan konsentrasipun menjadi buyar karena kata-kata menjadi macet dan otakpun seperti tidak bisa lagi menganalisa dengan jelas, semua terasa rumit dan berbelit-belit ini diperparah dengan ingatan yang menjadi lupa,lupa semua argumen,lupa semua data sehingga ia seperti terpuruk di depan orang-orang hilang martabat. Mungkin siapa saja pernah mengalami pengalaman buruk seperti itu kita yang sudah banyak membaca dan juga tidak kalah pintar dengan yang lain, pengetahuan kita juga cukup lumayan dibandingkan kawan-kawan kita yang pandai berkomunikasi. Diluar yang tampak menonjol adalah kawan-kawan yang jago berkomunikasi yang pandai mengutarakan pendapatnya dengan jelas. Padahal Kita selalu ingin menggebu-gebu untuk berbicara apa saja dan menyampaikan segala kelebihannya.

Jago komunikasi bukan berarti tanda orang yang berisi. Banya orang yang pintar bercuap-cuap sebenarnya seperti gentong kosong yang nyaring bunyinya. Semaki kosong maka bunyinya semakin keras suaranya. Dan tidak sedikit orang-orang yang pintar, orang-orang yang memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas tapi tidak memiliki skill untuk mengkomunikasikan gagasan dan ilmunya. Diluar sana banyak sekali tokoh-tokoh pandai kaum cendekiawan dengan segudang ilmu dan pengetahuan, mereka adalah ilmuan yang dinanti-nanti perannya oleh masyarakat , mereka ingin mendengarkan sesuatu dari mulutnya namun ternyata mereka tidak pandai berbicara yang tangkas dan lugas. Ini jelas membuat dirinya dan orang lain semakin kesal, gregetasn dan sebagainya apalagi manakala orang-orang biasa bahkan orang-orang bodoh tapi pandai berceramah menggantikan posisi mereka. Itulah yang berlaku dan terjadi di masyarakat.

Seandainya kita termasuk orang yang diberi kelebihan oleh Tuhan dalam ilmu pengetahuan tapi kita tidak bisa mengkomunikasikannya atau bisa mengkomunikasikannya tapi tidak menarik, maka tidak usah cemas dan khawatir karena kecemasan dan kekhawatiran itu menambah buruk penampilan kita dan malah membuat kita semakin kehilangan daya ketika mau berbicara. Seandainya memang kita mau berusaha mengatasi kelemahan di dalam bidang komunikasi, maka yang pertama kali harus kita ubah adalah persepsi kita;persepsi diri tentang diri kita, Pertama bahwa jangan dianggap bahwa kepintara bicara sebagai sesuatu yang sangat penting sekali sehingga mendominsi hidup anda,danhidup kita menjadi tidakbebas dantidak nyaman lagi tanpanya. Setiap orang memiliki kelebihan masing-masing dan keunikan masing-masing. Setiap individu adalah istimewa dengan segala kelebihdan dan kekurangan. Kedua jangan berpikiran bahwa kalau tidak bisa berkomunikasi berarti kita telah gagal menjadi manusia atau seseorangyang sudah seharusnya. Tidak! Masih banyak hal lain yangbisa kita gali dari potensi kita yang mungkin dengan sangat gampang kita lakukan dankita praktekan. Dan seandainyapun kita harus berkomunikasi an kita merasa terobesi melakukaany dengan benar di sela-sela kesibukan kita yang sangat penting maka ada beberapa strategi yang mungkin bisa memperlancar lidah dan komunikasi kita dan membuat kita menikmati sesuatu yangmungkin terasa berat ini.

ü Janganlah dikuasai rasa cemas karena cemas membuat kita menjadi tidak bisa konsentrasi penuh,pikirankita menjadi buyar, materi menjadi lupa dan ingatan pun menjadi aus. Jadilangakh pertama adalah kita harus mengetahii dulu penyebab cemas tersebut, denganbisa diketahui apalagi bisa dikendalikan maka penampilan, suara dan ingatan kitapun menjadi jernih kembali.

ü Jangan terlalu dibebani bahwa gaya dan komunikasi anda harus sepertid i fulan dan si fulan. Tidak kita punya gaya dan kekhasan tersendiri, kitaharus menikmati keunikan dan kekhasan kita. Jadilah diri sendiri jangan jadi orang lain karena kita akan kehilangan diri kita. Kembangkanlah bakat-bakat ala kita sendiri secara alamiah dan nikmati kelebihan dan kekurangankita, lamabt laun kita akan bisa menyisihkan atau mengesampingkan yang kurang dan menempa kelebihan-kelebihan kita sehingga semakinlebih berkualitas .

ü Baca juga perjalanan para orator ulung bagaimana mereka berlatih. Ada yang berbicara keras-keras di pantai sambil mengulum batu itu yang pernah dilakukan oleh Musholini atau ada berlatih di depan cermin, banyakah usahadankerja kerasa yang mereka tempuh untuk mengikis sedikit demi sedikit rintangan dankerikil dijalanan.

ü Sabar dan tekun, ingatlah bahwa komunikasi, bicara di depan orang, ceramah, khutbah, orasi dan sebagainha adalah seni yang sangat memiliki arti yang signifikan untuk mengubah kehidupan dan nasih baikindivid, mayarakat atau bangsa. Ia bisa melhiarkan image, pandangan hidup, wawasan dan ideologis, karena ia adalah seni yang sangat besar dan agung maka jelas sekali perlu suatu usaha yang ulet, gigih dan tekun untuk meraihnya.

ü Mulailah berlatih dari hal-hal yang ringan, kecil ,sedikit di depan satu orang dua orang dan seterusnya biasakan bicara dengan teratur, sistematis dan punya nilah, coba kemukakan argumen dan gagasan anda secara bertapah dari yagn paling mudahhingga paling sulit. Kemukakan tapi anda jugatidak terlalu kehilangan rasa fun anda.

CUEKAN

Tidak peduli adalah sikap yang sering sayang lihat di sebagian anak muda,pelajar umumnya saya sering melihat di kalangan orang kaya apalagi kalau mereka tidak tertarik dengan apa yang dibicarakan oleh orang lain, juga mungkin kalau yang bicara adalah orang yang yang ada di bawah level mereka baik dalam kekayaan,ilmu, dan posisi. Ada beberap ahli yang berpandangan sifat cuekan bisa juga sebuah gambaran seseorang yang berada dalam kecanduan narkotika, para korban umumnya tidak begitu peka lagi dengan orang-orang yang ada di sekelilingnya. Mereka tidak merasa menjadi bagian dari anggota masyarakat bahkan kelauarga, baru mereka tergerak kalau mereka membutuhkan bantuan. Tetapi tentu saja itu cuek adalam kadang yang sangat ekstrim. Sifat tidak peduli juga bisa muncul karena ia merasa bukan bagian dari sebuah komunitasnya. Seorang remaja tentu saja akan sulit bergabung dengan orang-orang dewasa sekalipuan pada dasarnya itu akan sangat baik bagi mereka, akan membua mereka semakin matang dan dewasa. Tentuny ada cuek yang negatif dan juga ada yang positif, sifat cuekanyagn negatif yang akan kita bahas di sini adalah cuekan kepada sesuatu yang sebanarnya sangat baik untuk mereka. Banyal hal yang tidak dari sesuatu yang biasa-biasa muncul sesuatu yang luar biasa. Mengapa kitaharus cuek kalau itu akan membuat kita maju?

Tidak Bisa Mengendalikan Nafsu

Selain remaja atau anak muda dalam usia-usia seperti ini memang memiliki perilaku beresiko tinggi, mereka juga berada dalam situasi diri yang sangat bergejolak. Mental mereka sangat labil sehingga mudah larut dan mudah penasaran untuk mencicipi sesuatu yang tidak diperbolehkan, semakin sesuatu itu dilarang semakin jiwa mereka memberontak untuk menjamahnya apalagi kalau itu juga sesuai dengan dorongan-dorongan biologisnya. Rentannya masalah ini menimbulkan kegoncangan dalam jiwa pemuda. Ada type-type remaja yang memang dibiarkan bebas dan liar oleh keluarga mereka, sesungguhnya mereka itu dalam arti yang sebenar-benarnya sedang dirusak dengan jalan yang menyenangkan, kemewahan materi menjadi alat paling mudah untuk menina bobokan seseorang dan juga menjadi alat paling efektif untuk mencelakakan ke jurang kecelakaan, melatih menjadi penjahat dan kriminalis atau melatihnya menjadi manusia-manusia yang diperbudak oleh nafsu dan keserakahan. Maka buku ini mungkin sangat sulit untuk menembus mereka, mereka tidak akan mau peduli dengan petunjuk-petunjuk yang mencerahkan. Namun bagi mereka yang masih bisa menyisakan waktunya untuk berpikir, masih punya kesadaran dan keinginan untuk menjadi anak-anak manis dan baik, buku ini jelas bisa menuntun ke arah itu paling tidak. Remaja memang usia yang sangat produktif tapi juga riskan. Energi mereka kalautidak diarahkan kepada aktiftias positif seperti olahraga, aktif diberbagai yayasan, kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler maka mereka akan dimangsa oleh lingkungan dan situasi yang buruk.

Nafsu melatih kita menjadi binatang

Nafsu membuat kita menjadi bodoh dan bodoh sekali

Nafsu memakan siapa saja pintar,bodoh, kaya dan miskin kalau mereka adalah budaknya

Sekali lagi kita memang benci nafsu yang negatif tapi bagaimana memeranginya karena ia inheren dengan diri kita, ia selalu hidup dan besar menemani perjalanan hidup dari sejak kita kecil hingga dewasa? Bagaimana kita memisahkannya,tentu saja kita tidak mungkin memisahkanya, yang harus kita lakukan adalah menjinakan dan mengendalikanya. Tapi menjinakan nafsu sama dengan menjinakan bom, perlu kehati-hatian, perlu kesabaranm keuletan ketelatenan dan kecepatan serta kewaspadaan yang prima.Bagi anak muda pada tahap awal janganlah terlalu memusuhi nafsu dan ingin menghancurkanya sehancur-hancurnya, cobalah cermati dan amati :

  1. Apa saja sih yang membuat nafsu itu muncul? Memang nafsu biasanya tidak muncul dalam diri kita begitu saja tanpa ada merangsangnya. Nafsu ingin memiliki benda-benda mewah misalnya adalah (nafsu jika benda-benda mewah itu harus kita dapatkan dengan jalan yang tidak benar) tapi ia menjadi nafsu positif jika ingin mendapatkannya dengan usaha dan kerja keras. Nafsu yang negatif akan muncul ketika kita (1) melamunka betapa enaknya memiliki benda-benda mewah (2) selalu melihat kehidupan yang mewah-mewah (3) bergaul dengan orang-orang yang memiliki benda-benda itu (4) ada kesempatan untuk mendapatkan benda itu dengan cara yang tidak benar. Jadi dengan mengetahui hal-hal yang memancing dan merangsang nafsu kita sedikit demi sedikit dengan penuh kesabaran dan keikhlasan perhatian kita tumpahkan kepada hal-hal tadi, kalau begitu usahakan jangan melamunkan betapa enaknya memiliki benda-benda tersebut sebab perbuatan tersebut akan menggoda kita pikiran kita kalau terus menerus ditanami dengan visur-visur semancam itu akan berontak juga menjadi aksi. Ketahuilah bahwa belum tentu kalau kita memiliki benda-benda tersebut kita akan enjoy,happy dan bahagia banyak sekali tragedi danpenderitaan yang muncul dari benda-benda mewah. Kedua janganlah selalu melihat kehidupan yang mewah, biasanya karena kondisi kita yang sangat miskin dan tidak berdaya kita menjadi begitu perhatian dan tertarik dengan orang-orang kaya,kita bahkan merasa bangga kalau mendapat teman orang kaya sekalipun kita harus berkorban waktu, tenaga dan bahkan kadang-kadang uang! Kalau perasaan ini datang dari keminderan maka segeralah analisis mengapa kita begitu minder ! ingatlah bahwa tindakan menganalisa perilaku baik buruk membuat kita akan hati-hatikalau bertindak apalagi kalau kita sadar dampanya yang akan merugikandiri sendiri. Yang jelas memang bahwa concern dengan orang-orang kaya akan menjerumuskan kita kalau kekayaan itulah yagn menjadi penilaian kita. Ketiga bergaul dan ini jelas lebih jauh lagi, pilihlah kawan-kawan kaya yang baik, tidak semua orang kaya itu orang bijak dan juga tidak semua orang bijak itu orang kaya. Pilihlah teman karena karakternya. (4) ada kesempatan sehingga kita terpancing tetapi ini juga kalau kita memang memiliki impian dan hasrat seperti itu. Pengendalian nafsu yang kedua juga paling berat adalah sex. Nafsu ini memang rada-rada susah mengendalikannya kalau kita tidak pandai-pandai mengelolanya, membuat strategi yagn ampun dan kerja keras, ingat di medan ini bukan sedikityang hancur dan terjungkal siapaun dia karena beratnya prejuangan melawan gejolak nafsu sex, tetapi seberat apapun medan perjuangan itu selalu ada jalan dan cara untukmenyelamatan kita agat tidak menjadi budaknya, anggapah nafsu sex liar adalah hantu jahat yangakan memperbuadak kita,ia dismpatdidalam hati dan kelaur ketika kita menginginkganya. Ia bsa menjadi baik tapi juga membunuh kita. Hantu jahat ituingin kita menjadi mati danhancur keika kita menginginkanya, nah disini juga berperan penting kepandaikan kita memanfaatkan tubuh secara benar. Badan atau tubuh itu memiliki hak yang harus kita tunaikan haknya dengan benar. Ajaran-ajaran lama yang ada dalam semua agama sangat memberi perhatian kepada hal ini bahwa tubuh dan ruh sama-sama penting yang harus kita jaga-jaga secara benar siang dan malam sepanajgn tubuh kita. Badan kita ini kalau kita memperlakukannya secara kotor atau mengotori badan ini maka jiwa kita bisa rusak. Karena itu memang perlu kemampuan dan kemauan kita untuk memprlakukan badan kita secara benar, membersihkan perilaku badan dan anggota tubuh kita.

Ingat badan kita!

Lihat badan kita

PERhatikan Tuhan telah memberi amanat kepada kita mata, telinga hidung, kulit, kemaluan, dada, kaki, jantung dsb.

Baiklah kita sekarang mau mempreteli satu demi satu mana yang paling penting dari anggota tubuh kita yang berhubungan dengansex yagn paling ikut andil danberpesan besar

Menurut agama adalah mata dan kemaluan!

Juga telinga!

Pepatah mengatakan ada pertalian yang sangat erat antara apa yang dilihat dengan apa yang diperbuat.

Kalau begitu jangan meremehkan efek dari penglihatan

Kalau begitu bersihkan pandangan kita

Kalaui begitu ...........disinilah kosekwensi dari sebuah pemahaman tetapi ini sama sekali tidak cukup bahkan belum apa-apa kalau belum menjadi kebiasaan .

“Lingkungan dan kehidupan yang cepat berubah menjadi buruk dan semakin buruk bisa membuat membuat sebagian anak muda menderita stress berat, sehingga mereka akan menyalahkan siapa saja.”

Karena naluri anak muda yang memang sangat labil mereka perlu pembiasaan dan berlatih melakukan perbuatan-perbuatan yang baik.

Minder karena penampilan fisik

Sebagian orang merasa bahwa kekurangan dalam urusan fisik bisa menggerogoti kepribadian mereka. Makanya kecantikan adalah dinding rapuh yang sering diserbu oleh industri kosmetik. Sebagian orang memang mengira bahwa kecantikan, ketampanan,adalah sebuah prestasi yang sangat dibanggakan. Karena mereka berpendapat demikian maka berlomba-lombalah setiap orang untuk memamerkan dan mempertontonkan setiap jengkal dari kecantikan mereka dan sebaliknya orang yang merasa kurang beruntung akan menutup semua kelemahan fisiknya kalau bisa dengan operasi, itulah yang sekarang terjadi dan berlaku di kalangan para idola, dan sebagian tokoh-tokoh kita. Bahkan katanya ada tokoh DPR yang rela merogoh uang jutaan rupiah untuk mempermak wajahnya sedemikian rupa. Jadi ketidak puasan seperti nya akan terus menimpa manusia sampai kapanpun. Para pemuja fisik dan penampilan seperti menjadi terobsesi dan menjadi gila ini mirip dengan orang yang suka dengan benda tertentu selama ia mampu uangnya akan terus digelontorkan untuk memenuhi hasratnya. Saya punya teman kerja yang sangat tergila-gila dengan barang elektronik dengan penghasilan yang sebenarnya tidaklah terlalu besar tapi rela menyisihkan uangnya untuk membeli perangkat elektronik yang umumnya dipunyai orang-orang kaya, ia sudah beli komputer tapi karena kemudian di pasaran muncul komputer jenis baru ia beli lagi, demikian juga tv merasa bahwa tv lamanya tidak memilikil layar flat maka iabeli baru, padahal tv yang lama masih bagus. Di saat yang sama ia juga mengeluarkan kocek yang sangat besar untuk ukurannya seperti membeli telepon wireless, parabola, tv turner, printer multifunction dan sebagainya. IA merasa kesempurnaanya dengan didampingi perangkat-perangkat tersebut. Demikian juga orang-orang yang mengira bahwa kesempurnaan fisik, penampilan adalah kesempurnaan bagi dirinya tidak akan pernah merasa puas dan selalu terus dirundung keresahan dan kegelisahan. Sebagian orang mengira kekuarangan fisik adalah kekurangan bagi dirinya sehingga ia tidak bisa bergaul dengan baik dan nyaman. Apakah demikian? Tentu saja tidak banyak sekali orang-orang yang sukses dan tokoh-tokoh besar berpenampilan buruk dan tidak menarik tetapi mereka tidak diperbudak oleh wajah, mereka tidak merasa kecewa, frustasi mereka tidak mengurung diri. Mereka cerdas dan tahu bahwa penampilan fisik yangburuk tetap harus disyukuri dan mungkin baik bagi mereka untuk lebih mementingkan urusan batin, urusan otak, urusan yang ada di dalam tubuh dan bukan yang ada di luar tubuh.

* Jangan mencari pemuja penampilan fisik

* Tampakan cahaya di hatimu dan bukan terpenjara dengan fisik

* Manusia dihargai karena budi bukan karena kulit

Type yang baru

Ada beberapa remaja/anak muda yang tidak mengalami kepuasan emosi di rumahnya sehingga mereka meluapkan di luar rumahnya. Tapi kemudian mereka menjadi tidak biasa-biasa lagi ketika sudah memiliki kepribadian dingin dan semakin merusak. Anak-anak seperti ini biasanya juga dilahirkan dalam zaman yang lumayan sulit, dalam situasi krisis yang menimpa negerinya ketika ia menyaksikan di televisi berita-berita tentang resesi, kemiskinan, bencana dan penderitaan-penderitaan lain yang terjadi di negerinya. Lingkungan yang buruk dan situasi yang tidak berubah-ubah rupanya cukup menekan perasaan mereka sehingga sebagian menjadi pesimis, murung dan tidak lagi bergairah untuk melakukan aktifitas-aktifitas yang baik seperti belajar, olahraga atau mengikuti perlombaan dan semacam itu; aktifitas=-aktifitas yang biasanya sangat digemari oleh anak-anak muda. Laju modernitas telah merampas ketrampilan hidup mereka anak-anak sekarang lebih cepat merasa depresi.

Sebagian anak muda ada yang menjdi korban zaman dan situasi. Reaksi mereka adalah negatif dan merusak. Mereka melarikan (ekspasime diri) dengan melakukan tindakan-tindakan yang merusak diri seperti dimulai dengan hal-hal yang kecil seperti merokok, bolos dari sekolah, memeras kawan, minum-minuman keras, mengganggu orang-orang di jalanan, dan yang lebih buruk dari itu mengkonsumsi narkotika. Generasi yang berperilaku demikian sangat kecil kemungkinan untuk membaca buku ini, tetapi kita bisa membantu mereka dengan menyampai isi dan petunjuk dari buku ini

wasalam

Referensi

1. Teori tentang perkembangan anak kecil dan krisis identitas

Erikson, Erik (1902-1994), American psychoanalyst, who made major contributions to the field of psychology with his work on child development and on the identity crisis.

Erikson was born in Frankfurt, Germany. He was an artist and teacher in the late 1920s when he met the Austrian psychoanalyst Anna Freud. With her encouragement, he began studying at the Vienna Psychoanalytic Institute, where he specialized in child psychoanalysis. In 1933 he immigrated to the United States, first joining the faculty of the Harvard Medical School and then moving to Yale University. During this period Erikson became interested in the influence of culture and society on child development. He studied groups of Native American children to help formulate his theories. These studies enabled him to correlate personality growth with parental and societal values. His first book, Childhood and Society (1950), became a classic in the field. As he continued his clinical work with young people, Erikson developed the concept of the “identity crisis,” an inevitable conflict that accompanies the growth of a sense of identity in late adolescence. Among his other books are Young Man Luther (1958); Insight and Responsibility (1964); Identity (1968); Gandhi's Truth (1969), which won a Pulitzer Prize and a National Book Award; and Vital Involvement in Old Age (1986).

Tambahan 31-12-05

Semua manusia ketika dilahirkan siapa saja dan dimana saja adalah makhluk yang lemah, papa, miskin,tidak berdaya. Ia tanpa bantuan orang lain tidak akan bisa lama hidupnya. Tanpa dukungan cinta,kasih sayang,keikhlasan,kesabaran,ketelatenan dari orang-orang yang di sekelilingnya ia tidak akan betah lama-lama mengenyam nyamannya hidup ini. Seluruh manusia ketika lahir ini adalah makhluk-makhluk berkekurangan dan sampai akhir hayatnya juga akan tetap ditakdirkan sebagai makhluk yang selalu lemah. Kalau ia sukses menjadi orang kaya, maka rasa kebutuhan kepada orang lain akan semakin meningkat lebih besar lagi, seiring dengan investasi, seiring dengan dengan bertambah meningkatnya nilai kuantitas moneter, lifestyle, mode hidup, hobi-hobi barunya, network baru, serta strategi dan planning,maka ia akan semakin haus kepada timetable, kepada aturan managemen, kepada kapital, kepada boyoffice, kepada team,sales forces dan sebagainya, ia juga harus sering merasakan bahwa betapa semakin kaya ia seharusnya lebih sering membutuhkan kehidupan orang lain. Orang yang dianugerahi potensi kapasitas dan kemampuan intelektual, performance, thingking, visionari, multi kecerdasan dan sebagainya, dan umumnya manusia-manusia seperti itu dikutuk menjadi manusia kesepian.

No comments: